Bupati Solsel Terima Anugerah Kawastara Pawitra dari Mendikbud

.

Advertisements

* Komitmen dalam PPCKS

PADANG ARO, PADANG-TODAY.COM

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria menerima  anugerah Kawastara Pawitra dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, anugerah tersebut diserahkan secara langsung oleh Mendikbud Muhadjir Effendy  di Aula Hotel Novotel Kota Solo, Sabtu (15/10).

Bupati Solok Selatan mendapatkan anugerah tersebut karena komintennya yang tinggi dalam penyelenggaraan Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS).

“Alhamdulillah, kita menerima anugera Kawastara Pawitra dari Mendikbud, ini bukti integritas kita yang tinggi dalam penyiapan calon kepala sekolah SD/SMP/SMA dan SMK, yang dibuktikan melalui anggaran dalam APBD dan Perda (Peraturan Daerah),” ungkap Muzni.

PPCKS merupakan program pemerintah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diimplementasikan secara terstandar di seluruh Indonesia. Dampak yang dirasakan sangat baik bagi manajemen sekolah dan terjamin kelanjutannya. Sejak tujuh tahun yang lalu sudah 700 kali PPCKS diimplementasikan pada 334 kabupaten/ kota. 

Muzni menyebutkan, PPCKS akan melahirkan kepala sekolah sebagai pemimpin masa kini dan masa depan yang berjiwa wirausaha dan profesional.

“Kepada kepala sekolah yang berjiwa wisausaha inilah nantinya diharapkan akan menjadi sosok yang kreatif dan inovatif,” imbuhnya.

Di samping itu, kepala sekolah yang tercipta dari PPCKS akan memiliki 12 karakteristik, yaitu prestatif, kolaboratif, kompetitif, pekerja keras, pantang menyerah, percaya diri secara memadai. Selain itu, berani menanggung resiko, menghargai orang lain, menghargai waktu, menghargai uang, pandai menangkap peluang bisnis untuk memajukan pendidikan, dan memiliki internal yang baik. (*)

[BUSTANUL ILMI]

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*