Calon Pengganti Sekko Mulai Mengapung

Padangpanjang,padangtoday.com-Seiring rumor keikutsertaan pejabat Sekratariat Kota (Sekko) Padangpanjang bakal ikut dalam perhelatan demokrasi Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Tanahdatar Desember mendatang, sejumlah nama calon pengganti mulai ramai disebut. Termasuk di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pemerintah setempat.

Advertisements

Sedikitnya sebanyak 10 nama di kalangan pejabat tingkat eselon II yang menjabat di berbagai Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang. Sekian banyak nama yang mencuat, dua diantaranya disebut-sebut paling dominan menjadi calon pimpinan PNS di rumah gonjong kota berjuluk Serambi Mekkah itu.

“Memang banyak dibincangkan Sekko akan diganti, yang berkemungkinan terkait dengan rencana pencalonan pada Pilbup Tanahdatar. Ada banyak nama, namun yang paling sering disebut itu Asisten I Sonny B Putra dan Kadis Koperindag Reflis. Selain nama-nama tersebut, kabarnya juga telah banyak pejabat dari luar Padangpanjang yang memasukkan nama ke BKD,” ungkap staf wanita salah satu ruangan di lingkungan Setko Padangpanjang yang tidak ingin dituliskan namanya itu.

Kadis Koperindag Padangpanjang, Reflis mengaku belum ada mendengar seperti banyak diperbicangkan tersebut. Namun secara prinsip dikatakannya, selaku bawahan wajib hukumnya mengemban amanah dan perintah, serta menjalankan segala kebijakan yang dikeluarkan Walikota selaku pimpinan.

“Selaku bawahan tentu jawabannya bersedia saja, meski secara aturan saya sendiri belum memenuhi persyaratan yang diatur dalam peraturan kepegawaian. Namun demikian, jika pimpinan akan mengambil kebijakan tersebut tentu telah menyiapkan langkah-langkah serta sistem yang akan ditempuh nantinya,” sebut Reflis melalui selulernya.

Demikian juga halnya Asisten I Setko Padangpanjang, Sonny B Putra menyebut kebijakan Walikota dalam menyusun struktural kepegawaian tentu menyangkut kepentingan kelancaran roda pemerintahan. Jika Sekko akan diganti terkait rumor akan keikutsertaan pejabat lama pada Pilbup Tanahdatar, dinilai memiliki dua sisi penting.

“Kebijakan penggantian Sekko oleh Walikota tentu memiliki dua sisi alasan yang jelas. Pertama, Bapak Walikota mungkin tidak ingin menghambat nawaitu Pak Sekko dalam memenuhi panggilan masyarakat Tanahdatar untuk turut mencalonkan diri sebagai bupati atau wakil. Sedangkan sisi lainnya, Bapak Walikota tentu juga tidak ingin terjadi kekosongan pada jabatan tersebut,” tutur Sonny sembari mengaku siap jika diamanahkan Walikota.

Sementara Sekko Padangpanjang Muzwar saat dikonfirmasi melalui selulernya di sela-sela mengikuti rapat, mengaku belum memastikan diri. “Terkait banyak pembicaraan orang tentang pencalonan saya di Pilbup Tanahdatar, belum mungkin untuk saya jawab sekarang,” ujar Muzwar singkat. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*