Cantiknya Tamborasi, Sungai Terpendek di Tepi Pantai Sulawesi

Cantiknya Tamborasi, Sungai Terpendek di Tepi Pantai Sulawesi

Cantiknya Tamborasi, Sungai Terpendek di Tepi Pantai Sulawesi

PADANG-TODAY.com-Sulawesi adalah sisi Indonesia yang menyimpan banyak potensi wisata air. Tentu, kita sering mendengar pujian tinggi dari dunia kepada laut-laut di Sulawesi.

Pada salah satu tepian Kota Kolaka ternyata ada sebuah potensi wisata air alami yang kini mulai memukau perhatian orang banyak. Pasalnya, di sana terdapat sebuah sungai mungil yang bersisian langsung dengan Pantai Tamborasi.

Bernama sama dengan pantainya, Sungai Tamborasi berada di Desa Tamborasi, kecamatan Wolo, kabupaten Kolaka. Dari luar Sulawesi, wisatawan yang ingin ke sana bisa mendarat di Bandara Sangia Nibandera Kolaka (Pomala), dengan transit terlebih dahulu di kota Makassar. Berdasarkan pantauan dari Traveloka, maskapai yang melayani rute penerbangan ini salah satu yang termurahnya adalah Lion Air.

Sungai Terpendek di Indonesia

Yang paling menarik perhatian dari Sungai Tamborasi adalah ukurannya. Dengan panjang hanya 20 meter, sungai ini merupakan yang terpendek di Indonesia. Ukuran tersebut bahkan membuatnya menjadi sungai terpendek ke 2 di dunia (hanya selisih 2 meter dari Sungai Reprua di Georgia yang berada pada peringkat 1).

Ditambah dengan lebar yang hanya 15 meter, serta jernihnya air berwarna hijau kebiruan, Sungai Tamborasi sering disangka danau. Setelah menyadari adanya aliran air, barulah orang mengakuinya sebagai sungai.

Sungai Tamborasi menyajikan panorama yang indah. Pepohonan rindang nampak menjadi kanopi bagi sungai tersebut. Menghadap ke daerah hulu sungai, terhampar pantai berpasir putih yang juga tak kalah indah.

Suasana bermain air di sungai ini terasa privat dan tenang semenjak masih sepinya kawasan tersebut. Dalam satu kunjungan, wisatawan bisa mendapatkan 2 pilihan kesegaran, yaitu sungai berair sejuk, dan pantai berair agak hangat.

Kegiatan wisata di kawasan Sungai Tamborasi sangat cocok untuk yang butuh relaksasi di tengah alam. Anda bisa memilih, mau main air di sungai, berenang di pantai, bermain pasir, berjemur, atau sekadar foto-foto. Yang ingin bermalam, alih-alih menyewa penginapan di dekat kota, cobalah sensasi berkemah di dekat sini.

Untuk pasangan, ada sebuah mitos tentang asmara di Sungai Tamborasi. Konon, keinginan Anda untuk berjodoh dengan kekasih atau ingin langgeng dan bahagia dengan pasangan bisa terkabul jika mengikatkan tali pada akar pohon di Sungai Tamborasi.

Alternatif akses ke Sungai Tamborasi

Lokasi Sungai Tamborasi cukup jauh dari pusat Kolaka. Jaraknya sekitar 90 kilometer perjalanan darat ke arah utara. Perjalanan berkendara dari pusat Kolaka hingga menemukan Sungai Tamborasi kurang lebih 2 jam.

Meski terbilang cukup jauh, perjalanan menuju destinasi cantik ini tidaklah terasa membosankan ataupun melelahkan. Pasalnya, sepanjang perjalanan terhampar pemandangan indah dari gunung batu marmer dan tepian pantai. Sungguh sebuah pemandangan yang memanjakan mata dan hati.

Untuk jalur udara, penerbangan dilakukan dengan transit melalui kota Makassar. Dari kota yang terkenal dengan sop konro tersebut, penerbangan menuju Bandara Pomala hanya memakan waktu 50 menit.

Jika ingin melalui darat, titik masuk yang disarankan adalah melalui kota Kendari. Dari sana, perjalanan darat berlangsung kurang lebih selama 3-4 jam.

Cara lainnya adalah dengan jalur laut. Pintu gerbang utamanya adalah melalui Pelabuhan Makassar. Dari sana, kapal laut akan menyeberang ke Pelabuhan Bojo terlibuh dahulu. Setelahnya, perjalanan berlayar dilanjutkan hingga mencapai Pelabuhan Kolaka. Total waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan jalur laut dari Makassar hingga Kolaka adalah 11 jam.(Dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*