Cari Terbaik, Ratusan Pelamar PPS Ikuti Ujian Tertulis

Padang-today.com – Sebanyak 132 orang calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilihan umum (Pemilu) 2019 mengikuti ujian tertulis. Mereka berasal dari 11 Kecamatan se-Kota Padang.

Advertisements

Tes tertulis bagi pelamar calon anggota PPS untuk Pemilu diadakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada pukul 08.30 – 09.30 WIB yang diikuti oleh 67 orang. Sementara gelombang dua dilaksanakan pada pukul 10.00-11.00 WIB yang diikuti oleh 65 orang.

“Tes tertulis ini hasilnya akan diumumkan pada tanggal 1 atau 2 Maret 2018. Pengumumanya bisa dilihat di kantor KPU Kota Padang atau juga bisa dilihat di fanpage facebook atau instagram serta laman website KPU Kota Padang www.padang-kota.kpu.go.id,”kata Ketua KPU Padang Muhammad Sawati.

Kemudian ia menambahkan bahwa KPU Kota Padang akan merekrut 67 anggota PPS untuk Pemilu 2019 mendatang. Dan jumlah penerimaan anggota PPS di masing-masing kecamatan berbeda-beda.

“Di Padang Selatan kita akan rekrut 8 orang, di Padang Timur 4 orang, di Padang Barat 7 orang, di Padang Utara 2 orang, di Bungus Teluk Kabung 4 orang, di Lubuk Begalung 13 orang, di Lubuk Kilangan 7 orang, di Kuranji 8 orang, di Pauh 1 orang, di Nanggalo 4 orang, dan Koto Tangah 9 orang,” ujar Sawati.

Nanti anggota PPS ini akan dilantik pada 7 Maret 2018, kata Sawati. “Dan masa kerjanya selama 465 hari, atau terhitung dari 9 Maret 2018 sampai dengan 16 Juni 2019,” pungkasnya..

Ia menyatakan,seluruh peserta calon anggota PPS yang mengikuti ujian tulis tersebut telah lulus adminitrasi dan diumumkan di website KPU Padang.

Peserta lulus ujian tertulis selanjutnya akan mengikuti ujian tes wawancara, bagi mereka pelamar yang lulus akan dilantik pada Maret 2018.

Ia menjelaskan, dalam proes perektrutan anggota PPS dilaksanakan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku dan dilaksanakan sesuai dengan tahapannya.

Panitia tidak berpengaruh dengan intervensi pihak manapun, untuk kelulusan calon anggota PPS tidak ada tebang pilih. “Semua sesuai nilai yang berdasarkan hasil tes, jadi tidak ada istilah permainan dalam perekrutan,”tegasnya.

Calon anggota PPS untuk memiliki bekal integritas dan kapabilitas sebelum duduk sebagai penyelenggara pemilu. tambah Sawati pelaksanaan pemilu akan berjalan baik dan lancar apabila dua hal ini dipedomani oleh penyelenggara.

“Sebagai penyelenggara pemilu harus mempunyai integritas dan kapabilitas agar pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan baik dan sukses dalam setiap tahapannya hingga hari Pelaksanaan Pemilu,”imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*