Catur Sumbar Siap Bersaing di Porwil

PADANG–Ketua Umum Percasi Sumatera Barat Wahyu Iramana Putra berharap para pecatur bisa meraih prestasi diarena Porwil yang akan ditabuh di Babel.

Advertisements

Pesan itu disampaikan Wahyu saat melepas atlet Porwil Catur di Kantor DPRD Padang,  Minggu.

“Kami bertekad, semua atlet yang turun di Porwil ini bisa lolos dan berusaha meraih medali,” ujar Wahyu.

Dalam Porwil ini, Percasi Sumbar berkekuatan tujuh pecatur putra. Sedangkan pecatur putri babak perebutan tiket PON akan dilaksanakan pada Kejurnas Pra PON mendatang di Bandung, Jawa Barat.

Dalam melepas secara resmi tim catur Sumbar kemarin itu hadir juga Ketua Komisi IV DPRD Padang, Zulhardi Z. Latif.

Tujuh pecatur yang bakal jadi andalan Kontingen Tuah Sakato di Bangka Belitung nanti itu, Ruby Tamono yang bergelar Master Nasional, Reza Fajar Nugraha, Agung AFP, Roy Hendra, Mei Afrizal bergelar Master Percasi, Amli juga Master Percasi, dan Yusra bergelar Master Nasional.

Ketujuhnya dilatih Azraf Zawir, WN, PN. Beberapa waktu lalu ketujuh pecatur itu mengikuti kejurnas di Jakarta. Walau memberikan hasil positif alias berhasil namun iven itu dijadikan ajang pemanasan sekaligus uji coba.

“Saya menghimbau kepada pecatur dapat menahan emosi dan tidak terpancing oleh lawan. Kepada tim pelatih dan ofisial bisa menjaga perasaan atlet artinya jangan sampai terganggu perasaan dan bikin atlet itu happy,” pesan Wahyu lagi.

Sementara itu, Sekum Percasi Sumbar, Nofri Sastra mengakui untuk Sumatera kekuatan hampir sama berat. “Kekuatan catur di Sumatera dianggap kuat,” jelasnya. Dan hal itu pun dibenarkan Azraf Zawir.

Nomor dipertandingkan catur cepat, standar, dan catur kilat. Pecatur yang lolos dipastikan juara sampai peringkat tiga. Kemudian posisi empat, lima dan enam akan melakukan babak playoff yang nanti dilaksanakan di Bandung. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*