Cegah Anemi dan Stanting Dinkes Berikan Tablet Fe

Padang Panjang, Padang-Today.com – Sebagai Upaya untuk mengurangi kasus Anemi (Kurang Darah), dan stanting (pendek/ bayi-bayi kerdil) Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang launching kegiatan pemberian tablet tambah darah (Fe) secara massal ke remaja putri, Senin (2/4) kemarin di SMP Negeri 1 Padang Panjang.Kegiatan ini bekerjasama langsung dengan Dinas Pendidikan serta Puskesmas Kebun Sikolos. Tablet Fe ini sudah disediakan dan diberikan secara gratis.

Advertisements

Kepala Dinas Kesehatan Drs. Nuryanuwar, A.Pt, MM, M.Kes yang biasa dikenal dengan Pak Ujang mengatakan, ini merupakan agenda Dinas Kesehatan yang terbaru, dan sasaran utamanya adalah para remaja putri.

“Kenapa putri, sebab dari data WHO dan Nasional mereka menemukan bahwa remaja putri banyak menderita anemi (Kurang Darah), dan kita menjauhkan dari sekarang terjadinya bayi-bayi kerdil saat remaja putri menikah nantinya serta hamil dan melahirkan, maka dari itu sasaran kita para remaja putri, bukan tidak boleh juga laki-laki mengkonsumsi ini,” ujar Pak Ujang di ruang kerjanya, Kamis (5/4).

Sasaran dari tablet Fe ini adalah remaja putri yang usianya 12-18 tahun, tablet ini diberikan satu tablet perminggu sepanjang tahun.

“Ini hanya suplemen bukan obat, jadi mengkonsumsi ini tidak ada efek sampingnya,” kata pak Ujang.

Dengan adanya tablet Fe ini diharapkan semua remaja putri Kota Padang Panjang dijauhkan dari masalah anemi dan stanting, dan tentunya para remaja ini benar-benar mengkonsumsi tablet ini, ” tutupnya.

Sedangkan Kabid Kesmas dan Pencegahan Pengendalian Penyakit dr. Faizah bersama dengan Kasi Kesehatan Gizi Ratna Mila Sari, S.KM menjelaskan, remaja putri yang mengkonsumsi tablet Fe ini dapat membantu meningkatkan status gizi mereka.

“Kami mengambil remaja putri karena mereka rentan sekali terkena anemi, sebab mereka mengalami menstruasi setiap bulannya, serta para remaja putrilah yang banyak melakukan diet untuk menjaga tubuh mereka,” jelas mereka.

Asupan makanan untuk remaja putri sangat kurang, dengan tablet Fe ini dapat diseimbangkan, maka dari itu sangat penting sekali pemberian tablet Fe ini, tambah ratna.

Mulai sekarang ini SMP dan SMA yang ada di Kota Padang Panjang akan diberikan penyuluhan dan sekaligus mereka meminum tablet Fe ini dihadapan para tim yang memberikannya nanti.

“Kami akan melihat dan memeriksa siapa yang belum meminumnya, bagi remaja putri yang tidak hadir disana maka kami akan pergi kerumah mereka masing-masing dan menunggu mereka meminumnya dihadapan kita,” kata dr.Faizah.

Tentunya dengan pemberian tablet Fe ini kita harap, ”remaja putri dijauhkan dari anemi, dan kedepannya mereka dapat memperbaiki keturunannya serta dijauhkan dari stanting.” (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*