Cegah Asma Dengan Latihan Aerobik

Ilustrasi

Ilustrasi

Advertisements

London, PADANGTODAY.COM-Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang menderita asma sedang hingga berat bisa lebih mudah mengendalikan gejala asma dengan menambah latihan aerobik.

Pasien secara acak ditugaskan melakukan latihan treadmill selama tiga bulan. Hasilnya menunjukkan penurunan dalam dua aspek dari penyakit yang membuat sulit untuk bernapas: peradangan dan sensitifitas dalam jalan napas.

“Meskipun tidak mengherankan bahwa pasien asma bisa mengambil manfaat dari aerobik, temuan ini menawarkan bukti baru bahwa aktivitas fisik bisa membantu mereka yang menderita asma bahkan pada pasien yang sudah mengendalikan gejala dengan obat,” kata pemimpin penelitian Dr. Celso Carvalho seperti dilansir laman Fox News, Rabu (5/8).

“Informasi ini menunjukkan bahwa aerobik memiliki efek anti-inflamasi pada asma dan menunjukkan potensi manfaat olahraga dalam hal ini aerobik untuk meningkatkan efektivitas pengobatan dengan obat-obatan,” kata Carvalho.

Penyakit asma menyebabkan serangan tiba-tiba sesak napas dan mengi. Selama serangan, lapisan tabung bronkial membengkak, penyempitan saluran udara dan membatasi aliran udara masuk dan keluar dari paru-paru.
(fny/jpnn/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*