Cegah Kanker Usus Besar Dengan Konsumsi 6 makanan ini

kacang
PADANGTODAY.com- Usus besar adalah salah satu organ tubuh yang penting. Usus besar memegang peranan penting dalam sistem pencernaan. Karena itu, munculnya kanker pada usus besar bisa sangat berbahaya dan mempengaruhi kehidupan seseorang.

Kanker usus besar biasanya terjadi ketika sel pada usus besar terkena paparan zat kimia atau karsinogen yang merusak DNA. Kerusakan ini berujung pada mutasi dan mulai berkembang menjadi kanker. Jika dibiarkan, kanker usus besar juga bisa berujung pada kematian.

Makan makanan yang sehat adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya kanker pada usus besar. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa membantu Anda menangkal kanker usus besar, seperti dilansir oleh Boldsky (18/09).

1. Brown rice
Brown rice mengandung serat yang cukup banyak sehingga bisa mencegah kanker usus besar. Sebaiknya brown rice dikonsumsi secara teratur. Serat dana brown rice mengandung asam lemak pendek yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker. Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk mencegah kanker usus besar.

2. Ikan salmon
Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kanker usus besar. Berjemur di bawah sinar matahari adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan vitamin D, namun vitamin D juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan seperti ikan salmon.

3. Kacang tanah
Kacang tanah mengandung banyak serat. Penelitian juga menunjukkan bahwa kacang tanah yang mengandung banyak serat baik untuk mencegah kanker usus besar.

4. Jahe
Jahe adalah salah satu bentuk suplemen yang bisa digunakan untuk mengurangi peradangan pada usus besar. Peradangan pada usus besar biasanya disebabkan oleh adanya tumor. Konsumsi jahe dengan teratur untuk menjaga kesehatan usus dan mencegah kanker usus besar.

5. Teh putih
Teh putih mengandung antioksidan yang tinggi dan bisa membantu membunuh sel kanker. Teh putih bahkan mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan teh hijau. Konsumsi satu cangkir teh putih setiap hari untuk mencegah munculnya kanker usus besar.

6. Sayur bayam
Berbagai macam sayuran sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan. Sayur bayam mengandung banyak nutrisi, salah satunya adalah beta-karoten yang membantu melawan sel kanker. Mengonsumsi bayam secara teratur akan membantu mencegah sel kanker berkembang.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah kanker usus besar. Jangan tunggu hingga kanker muncul dalam tubuh Anda. Konsumsi makanan yang sehat dan lakukan gaya hidup yang aktif untuk mencegah kanker muncul dan menjaga kebugaran tubuh.(dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*