CEO Baru Malaysia Airlines Katakan Maskapai Penerbangan Itu “Sudah Bangkrut”

Sebuah pesawat Malaysia Airlines diparkir di bandara internasional Kuala Lumpur, Malaysia (19/7/2014).

Sebuah pesawat Malaysia Airlines diparkir di bandara internasional Kuala Lumpur, Malaysia (19/7/2014).

Advertisements

Kuala Lumpur, PADANGTODAY.COM-CEO baru Malaysia Airlines, Christoph Mueller, Senin (1/6/2015), mengatakan maskapai penerbangan itu secara teknis “sudah bangkrut”. Pernyataan itu disampaikan Mueller saat menyampaikan rencananya membenahi maskapai yang sedang jatuh itu.

“Kami secara teknis sudah bangkrut dan kondisi ini sudah dimulai jauh sebelum dua insiden tragis pada 2014,” ujar Mueller merujuk dua tragedi yang menimpa Malaysia Airlines tahun lalu.

Di bawah kendali Mueller, Malaysia Airlines mengambil langkah besar pertamanya dengan memangkas 6.000 posisi di perusahaan itu. Manajemen perusahaan mengirimkan surat penghentian hubungan kerja untuk 20.000 karyawannya namun disusul tawaran kontrak baru bagi 14.000 di antara para karyawan itu.

Di bawah kendali Mueller, rencana untuk membenahi Malaysia Airlines akan dimulai pada 1 September mendatang dengan memperkenalkan merek baru. Dengan brand baru ini diharapkan citra tragis pasca-dua kecelakaan maut tahun lalu bisa perlahan-lahan dilupakan publik.

Mueller mengatakan dalam rencananya pada 2015 ini dia akan berusaha menghentikan “pendarahan” Malaysia Airlines, menstabilkan bisnis pada tahun depan dan mulai meningkatkan bisnis pada 2017.

Selain memangkas jumlah karyawan, Malaysia Airlines juga akan menghapus sejumlah rute jarak jauh yang tak menguntungkan. Namun, Mueller belum akan mengumumkan rincian rencana ini demi alasan kompetitif.

Mueller memiliki catatan bagus dalam hal membenahi kondisi “kesehatan” sebuah maskapai penerbangan. Sebelumnya, Mueller sukses menangani maskapai penerbangan Irlandia Aer Lingus dan Sabena dari Belgia.

Di kedua maskapai itu Mueller juga banyak memangkas tenaga kerja sehingga dia mendapat julukan “The Terminator”.

(AFP/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*