Cina Lirik Padangpariaman

Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur memaparkan letak geografis daerah Padangpariaman kepada innestor Cina

Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur memaparkan letak geografis daerah Padangpariaman kepada innestor Cina

Padang-Today.com__Wabup Suhatri Bur membuka peluang berinvestasi kepada calon investor untuk pembangunan infrastruktur. Ia menyakini daerah Padang Pariaman merupakan daerah strategis untuk berinvestasi baik bidang industri, perhotelan, dan bidang strategis lainnya.

Tak hanya itu, untuk menyakini investor Wabub Suhatri Bur juga memperlihat maket Jalan Lingkar Duku Sicincin ‘JLDS’ sebagai akses jalan utama Padang-Bukittinggi ke investor yang akan berinvestasi di Padangpariaman.

“Saya kira, pengembangan Sumatera Barat ke depan terletak di Padang Pariaman. Daerah kami masih banyak lahan kosong, dekat dari Bandara dan Ibukota Propinsi serta kebijakan daerah yang mendukung,” kata Suhatri Bur saat mendampingi investor asal China di Jembatan Kapalo Hilalang, Kec. 2×1 Kayu Tanam, Jumat 10-06-2016 beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan itu Wabup Suhatri Bur memperkenalkan Jalan Lingkar Duku-Sicincin (JLDS) sebagai akses jalan utama Padang-Bukittinggi ke depan. Dijelaskannya bahwa di sepanjang JLDS terdapat bangunan strategis seperti Kantor Bupati Padang Pariaman, Main Stadion Sumbar serta Kawasan Industri Terpadu.

Sementara Louis Liu, Perwakilan PT China Harbour Engenering Corporation Ltd, Louis Liu, mengatakan pihaknya akan mengkaji terlebih dahulu dalam berinvestasi. Setelah itu akan berkoordinasi dengan Kementerian Bappenas, BUMN, Kementerian Pekerjaan Umum untuk sinergitas pembangunan.

“Jadi, kami pelajari dan kaji terlebih dahulu, butuh proses,” kata Louis singkat.

Ilustrasi Foto Kondisi Letak Geografis Padangpariaman

Ilustrasi Foto Kondisi Letak Geografis Padangpariaman

Secara geografis, Kabupaten Padang Pariaman memiliki luas wilayah 1.328,79 Km2 dengan panjang garis pantai 42,1 Km yang membentang hingga wilayah gugusan Bukit Barisan.

Luas daratan daerah ini setara dengan 3,15 persen luas daratan wilayah Propinsi Sumatera Barat. Posisi astronomis Kabupaten Padang Pariaman terletak antara 0°11’-0°49’ Lintang Selatan dan 98°36’ – 100°28’ Bujur Timur.

Secara administrasi Kabupaten Padang Pariaman terdiri dari 17 kecamatan dan 103 Nagari. Batas wilayah administratif Kabupaten Padang Pariaman adalah sebelah Utara dengan Kabupaten Agam, sebelah Selatan dengan Kota Padang, sebelah Timur dengan Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, dan sebelah Barat dengan Kota Pariaman dan Samudera Indonesia.

Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam tercatat memiliki wilayah paling luas, yakni 228,70 km², sedangkan Kecamatan Sintuk Toboh Gadang memiliki luas wilayah terkecil, yakni 25,56 km². Sedangkan Kecamatan 2×1  Kayu Tanam berada di wilayah yang paling tinggi yaitu 100 – 1000 m dari permukaan laut (dpl)  sedangkan yang paling rendah adalah Kecamatan Batang Gasan dengan ketinggian 2 – 75 m dari permukaan laut. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas