CJH Limapuluh Kota Bertolak dan Bergabung Bersama Emberkasi Padang

CJH Limapuluh Kota Bertolak dan Bergabung Bersama Emberkasi Padang

CJH Limapuluh Kota Bertolak dan Bergabung Bersama Emberkasi Padang

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-“Labbaik Allahumma Labbaik, labbaika la syarika laka labbaik inna al hamda wa an ni’mata laka wa al mulk la syarika laka.”

Begitulah kalimat talbiyah disenandungkan di dinginya subuh. 188 Calon Jamaah Haji (CJH) Limapuluh Kota dan para keluarga subuh itu memadati komplek Kantor Bupati Limapuh Kota.

Para CJH Limapuluh Kota bertolak menuju emberkasi Padang mengunakan bus pariwisata yang telah disediakan oleh Pemerintah Daerah, Sabtu (20/08).

Kepala Kantor Kemenag Limapuluh Kota Gusman Piliang yang melepas para CJH menyampaikan untuk terus memperhatikan, serta menjaga kesehatan selama dalam perjalan.

“Kesehatan itu mahal dan penting, sebab kalau sudah sakit maka CJH akan rugi, tidak dapat melaksanakan ibadah secara baik dan sempurna. Oleh sebab itu, perbanyak minum air putih, hindari minuman bersoda dan minum es. Iklim kita jauh berbeda dengan tujuan kita,” kata Gusman.

Di samping itu Gusman juga berharap agar CJH terus menjaga kebersamaan dan rasa kekeluargaan. Sebab, kata Gusman Piliang, orang Indonesia dikenal dengan masyarakat yang kompak dan gotongroyong.
 
“Mari kita tunjukan pada jamaah haji dari negara lain kultur dan budaya luhur masyarakat Indonesia,” lanjut putra Kubang ini.

Gusman juga mengingatkan bahwa para CJH otomatis menjadi duta negara selama melaksanakan ibadah haji. Ia berharap hal tersebut dapat dijaga secara bersama.

Gusman menjelaskan, CJH Limapuluh Kota tergabung dalam koloter 9, di mana akan bergabung dengan CJH Kota Payakumbuh dan CJH Kota Padang. Pembagian koloter ini, menurutnya perlu disyukuri, terkhusus tergabungnya CJH Luak Nan Bungsu dalam satu koloter akan mempermudah jalannya ibadah haji.

Kok bagabung bana kan lai jo dunsak samping rumah kito,” ujar Gusman.

Sementara itu, Dawizar Kasi Haji dan Penyelenggara Umroh Kemeng Limapuluh Kota mengurai, CJH yang bertolak ke emberkasi Padang hari ini berjumlah 188 orang yang semula harusnya 190 orang. Dua orang CJH belum keluar visa hajinya dari Pemerintah Arab Saudi.

“Persolan ini sedang kita koordinasikan dengan pihak-pihak terkait dengan harapan dalam waktu dekat Visa kedua CJH tersebut sudah selesai sehingga dapat berangkat bergabung dengan koloter selanjutnya,” pungkas Dawizar.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*