Cooking Demo Aplikasi Susu Segar Wahidin : ” Pemanfaatan Susu Murni Pengganti Santan”

Padang Panjang, Padang-Today.com – Koperasi Peternak Sapi Perah Merapi Singgalang (KPSP MERSI) bersama dengan Fonterra Brands Indonesia melalui Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang menggelar kegiatan Cooking Demo Aplikasi Susu Segar di Gedung M. Syafei, Kamis (12/7).Kegiatan ini mendatangkan chef profesional dari Anchor Food. Cooking demo disini bertujuan untuk memberikan alternatif pemanfaatan susu segar ke dalam makanan dan pangan olahan.

Advertisements

Kepala Bidang Peternakan Wahidin Beruh mengatakan selama ini penggunaan susu hanya untuk diminum, tapi kali ini Dinas Pangan dan Pertanian akan coba merambah penggunaan susu sebagai pengganti santan.

Pemanfaatan susu segar ini di aplikasikan ke dalam makanan, terutama makanan lokal. Salah satunya nanti itu akan dibuat olahan rendang dari susu murni.

“Maksudnya disini, rendang yang selama ini dimasak menggunakan bahan baku santan, sekarang kita coba aplikasikan dengan menggunakan susu murni,” jelasnya.

Nanti sama dilihat keuntungan yang di dapat dari aplikasi makanan yang dimasak menggunakan susu murni tersebut, mulai dari biaya yang di gunakan, cita rasanya, hingga tingkat kesehatannya.

Diharapkan kepada Ibu PKK, perwakilan Kelurahan, Peternak dan UKM yag hadir dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik mungkin.

Sementara Afifuddin menyebutkan kerjasama Fonterra dengan Peternak susu melalui Dinas Pangan dan Pertanian sudah berlangsung sejak 2012.

Sebelumnya, susu murni trlah di aplikasikan dalam bentuk keju, yogurt dan lain sebagainya, dan kali ini dicoba mengaplikasikan susu sebagai bahan oengganti santan untuk makanan.

“Nanti kita akan sajikan bagaimana susu segar ini bisa dipakai dalam menu – menu yang bisa dikonsumsi masyarakat, dengan begitu mereka dapat melihat bagaiman susu dapat di aplikasikan ke bahan makanan, sehingga akan menciptakan kreatifitas, konsumsi susu akan naik dan kebutuhan susu naik juga,” ungkapnya.

Dilihat dadi kualitas dan kuantitasnya, produksi susu di Padang Panjang sudah banyak kemajuan, mulai dari pembersihan kandang, pemeliharaan dan kesejahteraan hewan.

“Saya melihat titik cerah bahwa kualitas tingkat produksi susu di Padang Panjang semakin meningkat,” ungkapnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*