Cuaca Ekstrim Jangan Jadi Penggangu Ibadah, Ali Mukhni Lepas Calon Jemaah Haji

PADANGPARIAMAN, PADANGTODAY.COM-Cuaca ektrim jangan sampai mengganggu kekhusuk’an jemaah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji. Untuk itu jemaah haji perbanyak mengkonsumsi air putih. Kosumsi air dan buah guna menjaga kebugaran dan ion tubuh kita, karena cuaca panas yang ektrim di kota Mekkah. Hal ini disampaika Bupati Padangpariaman Ali Mukhni disaat pembekalan dan pelepasa jemaah Padangpariaman, Kamis 27/08/2015 di Mesjid Jihad Pauh Kambar.

Advertisements

Dikatakan, sebayak 153 orang jemaah haji asal kabupaten Padangpariaman yang masuk dalam kloter 6 Sumatera Barat. Jemaah haji rencananya akan berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) ke kota Madinah pada Sabtu (29/8) mendatang setelah menginap semalam di embarkasi haji Tabing, kota Padang, jelas Ali Mukhni.

Selain kosumsi buah dan air putih yang cukup, jelas Ali Mukhni, jemaah juga diminta untuk mengkosumsi dengan suplemen atau obat herbal untuk menopang kebugaran tubuh para jemaah saat melaksanaan ibadah haji, paparnya.

“Berdasarkan pengamatan Saya saat pelaksanaan ibadah haji 2007 silam, makanan yang kita mempengaruhi kebugaran tubuh, banyak kosumsi air putih dan buah akan menjaga tubuh tetap fit dan segar, jika ada kosumsi juga obat herbal,” ungkapnya.

Selain itu, Ia berharap, suhu panas ekstrim yang terjadi di Mekkah tidak menganggu antuisas dan kekhusu’an jemaah melaksanakan rangkaian ibadah haji dan ibadah wajib lainnya. Fokus pada rangkaian ibadah dan peningkatan ibadah mampu menjadikan jemaah asal Padangpariaman menjadi haji yang mabrur.

“Cuaca ektrim jangan sampai ganggu kekhusu’an jemaah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji, ibadah wajib dikerjakan, ibadah sunnah terus ditingkatkan, fokuskan dan habiskan waktu disana dengan ibadah, jangan untuk lain-lain,” pesannya singkat.

Sementara salah seorang calon jemaah haji asal Padang Olo, Sungai Geringging, Zainal Abidin Datuak Rajo Alam, tidak dapat menyembunyikan kegembiraannya. Impian melengkapi rukun Islam yang ke enam sebentar lagi akan ditunaikannya, ungkapnya

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakamenag) Padangpariaman, Masri Can mengatakan cuaca ekstrim yang terjadi tidak akan mempengaruhi kekhusukan jemaah dalam melaksanakan ibadah haji. Pelaksanaan rukun Islam yang terakhir ini, diyakini mampu mengalahkan cobaan suhu panas nantinya. Selain itu dirinya memastikan kondisi jemaah sehat dan siap diberangkatkan dan mengkuti rangkaian ibadah haji.

“Saya yakin, jemaah kita mampu lewati kendala suhu panas ini, tujuan kesana untuk ibadah, insyallah semuannya (jemaah), mampu jadi haji yang mabrur,” ujarnya.

Terkait dengan kesiapan keberangkatan jemaah haji, Masri Can memastikan kelengkapan visa jemaah asal Padangpariaman lengkap dan tidak ada jemaah yang gagal berangkat karena terkendala administrasi.

“Persoalan administrasi aman, visa dan kelengkapan lain sudah lengkap, tinggal keberangkatan dan kesiapan jemaah melaksanakan rangkaian ibadah haji disana,” ulasnya.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*