Dalam Forum KAA Jokowi Ingin Serukan Tantanan Baru Kesimbangan Global

Kehadiran Presiden Joko Widodo beserta rombongan ke Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/4/2015) siang, pun disambut dengan lagu rock dari grup band 'Metallica'.

Kehadiran Presiden Joko Widodo beserta rombongan ke Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/4/2015) siang, pun disambut dengan lagu rock dari grup band ‘Metallica’.

Advertisements

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Presiden Joko Widodo ingin menyerukan tatanan baru di kancah global dalam forum Konferensi Asia Afrika nanti. Menurut Presiden, banyak persoalan di kawasan Asia-Afrika yang memerlukan perhatian dunia.

“Kita menyuarakan tatanan baru, keseimbangan global, banyak persoalan di Asia-Afrika, di Timur Tengah yang butuh perhatian khusus dari kita semua,” kata Presiden, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (18/4/2015).

Presiden menuturkan, persiapan KAA di Jakarta dan Bandung telah mencapai lebih dari 95 persen. Materi-materi konferensi juga terus dimatangkan dan mulai disampaikan pada Minggu (19/4/2015).

Secara terpisah, Wakil Presiden Jusuf Kalla ingin peringatan 60 tahun KAA ini dapat memperlihatkan kultur dan Budaya Indonesia yang harmonis pada seluruh dunia.

Kalla juga menegaskan acara KAA harus mengimplementasikan semangat perdamaian dan kesetaraan. “Harus diterima dengan nuansa peacefull, jangan disambut dengan garang,” ujar dia.

Kalla menuturkan, persiapan penyelenggaraan KAA telah berlangsung baik. Persiapan di Bandara Halim, dan arena KAA di JCC dinilai Kalla sudah mencapai 98 persen.

Kalla berpendapat, pelaksanaan KAA nanti tidak akan mengganggu maupun diganggu oleh aktivitas masyarakat Jakarta dan Bandung. Dengan demikian, ia merasa tak perlu ada hari kerja yang diliburkan selama KAA berlangsung.

“Sambut baik konferensi ini dan harus jadi pembelajaran untuk generasi muda,” ucap Kalla.

Peringatan 60 tahun KAA akan berlangsung pada 19-24 April 2015. Pertemuan pejabat tinggi (SOM) akan dilangsungkan di Jakarta pada 19 April, sementara Pertemuan Tingkat Menteri pada 20 April.

KAA akan berlangsung di Jakarta pada 22-23 April. Rangkaian peringatan 60 tahun KAA akan berakhir pada 24 April di Bandung. Pada hari terakhir itu, para Kepala Negara akan melakukan historical walk dari Hotel Savoy Homman ke Gedung Merdeka.

KAA tahun ini diharapkan menghasilkan tiga dokumen, yaitu Bandung Message, Deklarasi Penguatan Kemitraan Strategis Asia dan Afrika (NAASP), serta deklarasi mendukung kemerdekaan Palestina.

(ia/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*