Dalam Sehari, Walikota Padang Jemput Tiga Penghargaan

PADANG,PADANGTODAY.COM – Acungan jempol pantas dialamatkan kepada Pemerintah Kota Padang. Dalam sehari, Pemko Padang menerima tiga penghargaan sekaligus. Tiga penghargaan itu dijemput langsung Walikota Padang, Jumat (11/12).

Advertisements
Tiga penghargaan yang diraih dalam sehari itu yakni  Anugerah Peduli Pendidikan, Apresiasi Pendidikan Islam, serta Penghargaan Peduli Hak Azazi Manusia (HAM). Tiga penghargaan ini semakin menambah koleksi perbendaharaan penghargaan bagi Kota Padang.
“Syukur alhamdulilah, dalam satu hari kita bisa meraih tiga penghargaan yang berbeda. Ini semua berkat kerja keras dan kepedulian masyarakat Kota Padang. Terimakasih untuk seluruh ASN Kota Padang dan masyarakat,” ujar Walikota.
Kepastian diraihnya Anugerah Peduli Pendidikan Islam 2015 setelah mendapat surat undangan dari Kementerian Agama RI nomor DI.I/HM.01/4924/2015 bertanggal 7 Desember 2015. Sekretaris Daerah Kota Padang melalui Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Al Amin menyebut penghargaan ini akan diserahkan Menteri Agama RI di Hotel Borobudur, Jakarta.
Penghargaan ini cukup luar biasa, karena di Sumatera Barat hanya Kota Padang yang meraih penghargaan ini. Sedang untuk di lingkup Sumatera, hanya dua daerah yang menerima penghargaan tersebut yakni Padang dan Kabupaten Siak. “Padang telah mewakili Sumatera Barat. Dari 340 kabupaten/kota, hanya enam daerah yang meraih penghargaan Anugerah Apresiasi Pendidikan Islam se-Indonesia,” kata Al Amin.
Penghargaan ini diraih karena kepedulian kepala daerah terhadap pendidikan Islam melalui kebijakan dan program kerja. Kepedulian ini dikategorikan menjadi dua jenis, seperti aktifitas keagamaan yang berjalan semarak, serta dukungan dana yang banyak untuk pendidikan Islam tersebut.
Diakui Al Amin, selama ini Pemerintah Kota Padang memang telah benar-benar peduli dengan pendidikan Islam. Seperti digelontorkannya dana insentif bagi guru mengaji se-Kota Padang sebanyak Rp 9 miliar pertahun. Kemudian perhatian dalam bentuk dana untuk pelaksanaan Pesantren Ramadhan sebanyak Rp 2,5 miliar setahun.
“Serta sertifikasi guru mengaji TPQ/TPA, bantuan untuk MAN sebanyak Rp 1 miliar dan banyak lagi,” ujarnya.
Sedangkan untuk Anugerah Peduli Pendidikan bagi Kota Padang akan diserahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI di Plaza Insan Berprestasi Gedung Ki Hajar Dewantara Kemdikbud, jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta. “Penghargaan ini kita raih berkat kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi.
Untuk penghargaan Peduli HAM akan diserahkan Menteri Hukum dan HAM di Jakarta. Penghargaan ini diraih Padang karena telah melewati sejumlah kriteria penilaian. Yakni penilaian terhadap haka hidup manusia, hak mengembangkan diri, hak atas kesejahteraan, serta hak atas rasa aman dan hak atas perempuan.
Penghargaan yang diterima Pemko Padang tidak terlepas dari program nasional yang diselaraskan dengan visi dan misi Walikota yang berjalan baik. Dengan penghargaan ini tentu akan memotivasi Pemko Padang untuk lebih memerhatikan hak masyarakat sesuai dengan kriteria yang menjadi penilaian Kemenkum HAM. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*