Dana Alokasi Nagari Tahun 2015 Harus Segera Dicairkan

PADANGPARIAMAN, PADANGTODAY.COM-Dana alokasi nagari untuk kabupaten Padang pariaman segera di cairkan, hal itu disampaikan Jonpriadi SE, ME wewakili Bupati Padang Pariaman pada saat menerima Kunjungan Tim sosialisasi Percepatan alokasi dana desa hari ini 2 Oktober 2015 di Hal IKK Parit Malintang.

Advertisements

Tim yang terdiri dari kementerian Keuangan, kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan Kementerian Dalam Negeri ini, tiba di kabupaten Padang Pariaman diketuai oleh Ibu Fadliya sebagai kasubdit Informasi dan dukungan teknis ditjen pengembangan keuangan kementerina keuangan Republik Indonesia.

Menurut fadliya,” penyaluran dana alokasi desa belum berjalan secara maksimal, oleh karena itulah kami ingin melakukan sosialisasi ke Kabupaten Padang Pariaman, yang termasuk salah satu dari kabupaten/kota yang terlambat dalam penyaluran dana desa ini”

Kami berharap setelah sosialisasi ini pemkab padang pariaman segera melakukan langkah langka percepatan. Dalam pencairan dan penyaluran dana desa ini. Kalau belum juga di cairkan dikhawatirkan akan di berikan sanksi berupa penundaan pemberian dana desa, Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Dana Alokasi Umum (DAU). ke kabupaten tersebut.

Bupati Padang Pariaman dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris daerah kabupaten Padang Pariaman mengakui bahwa memang terjadi keterlambatan dalam merealisasikan anggaran dana desa/nahari ini  ini,

“Dan kita berjanji akan segera melakukan upaya percepatan dalam merealisaikan alokasi danan desa tersebut kepada anagri nagari yang ada di kabupaten Padang Pariaman”. Kata Jonpriadi.

Keterlambatan ini terjadi disebabkan dalam rangka menjalankan unsur kehati-hatian. Kita tidak ingin, ketika kita belum siap dengan Sumber daya manusia, belum siap dengan pemahaman dan pengelolaan keuangan yang baik di nagari, dana dikucurkan dan akhirnya akan berakibat buruk bagi aparatur kita di tingkat desa/nagari.

Untuk menjalani unsur kehati-hatian inilah kita telah beberapa kali menyelenggarakan pelatihan bidang keuangan desa/nagari bagi Wali Nagari,Sekretaris Nagari dan Bendahara Nagari sebagai ujung tombak pengurusan administrasi keuangan nagari nantinya. tambah Jonpriadi

Kami sangat berterimakasih dan memberikan apresiasi yang setingginya kepada tim yang terdiri dari tiga kementerian ini, sehingga kami berharap, melalui sosialisasi ini diperoleh penjelasan yang selengkap-lengkapnya apa  bagaimana kebiajakan dana desa yang menjadi amanat UU No. 6 Tahun 2014 tersebut.

Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh camat, Wali Nagari, SEkabupaten Padang Pariaman, dan Unsur Forum Komunikasi Pempinan Daerah, kepala badan dinas kantor dan bagian dilingkungan pemerintah kabupaten Padang Pariaman (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*