Dandim Suport Mental Warga Binaan

Dandim foto bersama warga binaan.

Dandim foto bersama warga binaan.

Advertisements

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Terkait tugas dan fungsi menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKR), jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0307 Tanahdatar memberikan pengayaan tentang wawasan kebangsaan terhadap warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Padangpanjangbaru-baru ini.

Komandan Kodim (Dandim) 0307 Tanahdatar, Letkol Arm Bagus Tri Kuntjoro dalam materinya yang mengangkat tema Bela Negera tersebut menyebut keutuhan dan tetap terjaganya NKRI bukan saja menjadi tanggung jawab TNI. Setiap personal warga berhak dan wajib ikut dalam upaya pembelaan negara.

“Perwujutan bela negara tidak selalu dengan mengangkat senjata atau militerisasi, namun juga dapati dilakukan dengan menjalan profesi sesuai dengan kemampuan masing-masing. Seperti dituangkan dalam undang-undang nomor 23 tahun 2002, pasal 9 ayat 2, di antaranya keikutsertaan bisa diwujudkan di antaranya melalui pendidikan dan profesi,” Sebut Dandim di hadapan 74 warga binaan.
Demikian juga perwujudan kecintaan terhadap tanah air yang merupakan bagian dari bentuk pembelaan negara, bisa dibuktikan dengan memberikan pendidikan dan arahan yang baik terhadap anak selaku regenerasi bangsa.

“Subsatansi bela negara secara umum digambarkan dengan dimilikinya kesiapan psikis dan fisik yang sehat lahir batin. Menjadikan kebersamaan sebagai bagian kehidupan di lingkungan, juga merupakan salah satu bentuk peran serta dalam bela negara. Yakni menjaga kesatuan bernegara,” tutur Bagus didampingi Danramil 01 Padangpanjang Kapten Inf Syafrialis.

Sama halnya diungkapkan Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Padangpanjang, Surakhmat menilai wawasan kebangsaan yang diberikan Kodim 0307 Tanahdatar sangat bermanfaat dalam pembentukan mental serta karakter warga binaa. Khususnya terhadap narapidana yang akan kembali ke lingkungan sosial, diharapkan dapat menjadi bagian yang bermanfaat bagi orang banyak.

“Pembinaan yang diberikan di rutan, adalah salah satu upaya mengantisipasi keputusasaan warga binaan setelah menerima sangksi dari kesalahan yang pernah dilakukan. Pengayaan wawasan kebangsaan oleh Kodim, pertama kali diberikan terhadap warga binaan,” ujar Surakhmat.

Damdim Bagus Tri Kuntjoro juga menambahkan, materi wawasan kebangsaan yang diberikan sangat simple agar mudah diserap warga binaan. “Kegiatan ini juga menindaklanjuti MoU Korem beberapa waktu lalu dan akan diteruskan dengan sasaran kalangan pendidikan. Muali dari menengah pertama, atas hingga perguruan tinggi,” pungkas Bagus. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*