Danrem: Sumbar Rawan Bencana, Perlu Kesiapsiagaan

Advertisements

Padang-today.com – Komanadan KOREM (Danrem) 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo memimpin pelaksanaan apel Gelar Pasukan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) di Dermaga Pelindo II Teluk Bayur Padang,Kamis (21/3

     Danrem 032/Wbr Sumbar  Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo,menyampaikan Sumatera Barat merupakan salah satu daerah yang rawan terhadap bencana alam baik bencana alam banjir, tanah longsor, gempa bumi maupun tsunami.

“Apabila bencana tersebut terjadi maka tentunya akan sangat berdampak pada kondisi infrastruktur, perekonomian, gejolak sosial dan juga akan berdampak terhadap  psikology masyarakat,”kata dia.

Dengan kondisi tersebut maka dipandang sangat perlu untuk melaksanakan pengecekan sejauh mana kesiapan kita dalam berbuat apabila sewaktu waktu terjadi musibah bencana alam, khususnya yang terlibat di dalamnya baik TNI Polri, BPBD, SAr dan yang lainnya.

“Dalam pelaksanaannya sangat memerlukan perencanaan, persiapan serta pengendalian yang lebih kompleks dalam penanganannya, untuk itu perlu antisipasi dan  kerjasama yang betul betul siap,”jelas Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Kunto menambahkan, semua institusi terkait baik TNI, POLRI, BPBD, BASARNAS Pemerintah Daerah harus dapat bahu membahu secara terkoordinasi untuk bersama-sama menangani dengan baik dan efektif setiap kejadian bencana alam yang terjadi di Sumatera Barat,

    “Saya ingin memastikan bahwa langkah-langkah penanganan dan penaggulangan bencana alam dimaksud harus dapat dilaksanakan secara efektif dan tepat sasaran,”imbuhnya.

Sementara itu GM PT Pelindo II Armen Amir menyampaikan IPC Cabang Teluk Bayur mendukung PRCPB diadakan Korem serta pihak terkait lainnya dalam penanggulangan bencana.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, profesionalisme, kesiapan operasional, dan kesiapsiagaan  dalam menanggulangi bencana alam jika sewaktu-waktu terjadi,”kata dia.

Inilah langkah cukup baik dan pelajaran berharga bagi IPC Cabang Teluk Bayur Padang dalam menangani bencana alam.

“IPC Cabang Teluk Bayur Padang terus mengupayakan pencegahan serta pelatihan dan keterampilan pada seluruh jajarannya dalam rangka meningkatkan kemampuan prosedur dan mekanisme penanggulangan bencana alam,”pungkas Armen Amir.

      Apel Gelar Pasukan PRCPB ini turut didampingi oleh Danlantamal II Padang diwakili Kolonel Mar Wurjanto, Ketua DPRD Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim, GM Pelindo II Teluk Bayur Padang bapak Armen Amir, Danlanud Sutan Sjahrir Kolonel Pnb Purwanto  Adi Nugroho, Kasrem 032/Wbr Kolonel Inf Edi Nurhabad, para Kasi Korem, Dandim 0312/Pdg, Danyonif 133/YS, Danyon Marinir, Kepala BPBD Provinsi Sumatera Barat Rahman, SE, MSi, Kepala Basarnas dan Undangan lainnya.

     Peserta Gelar Pasukan ini terdiri dari Satu Pleton. PRCPB dari Kodim 0312/Pdg, 1  Kompi Yonif 133/YS, 1 Pleton Brimob Polda Sumbar, 1 Tim Denbekang, 1 Tim Denpom, 1 Regu Denkesyah, 1 Pleton Lantamal,1 Pleton Lanud Sutan Sjahrir, 1 Tim Damkar, 1 Tim BPBD, 1 Tim Basarnas dan 1 Tim Security Pelindo II Teluk Bayur Padang. (Der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*