Demplot Jati Panen Padi Perdana Varietas Unggul Junjuang

PARIAMAN, PADANGTODAY.COM-Dengan bantuan semua pihak mulai dari Balai Pengkajian Tekhnologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sumatera Barat, Kodim 0308 Pariaman dan Dinas Pertanian serta Kelompok Tani yang ada di Kota Pariaman, pembangunan Ketahanan Pangan yang kita laksanakan di Kota Pariaman dapat berjalan dengan baik, dan kesejahteraan masyarakat dapat kita wujudkan, demikian disampaikan Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam sambutannya pada acara Panen Demplot (Field Day) Varietas Unggul Padi Junjuang yang pertama untuk Kota Pariaman, dan demo alat pertanian dari BPTP Provinsi Sumbar, yang dilaksanakan di Demplot Padi Jati, senin (25/1).

Advertisements

Mukhlis Rahman juga mengatakan agar dengan pemanfaatan tekhnologi hendaknya dapat meningkatkan produksi padi yang ada, melihat semakin berkurangnya lahan sawah yang berubah fungsi menjadi perumahan. Apabila dulu hanya mampu panen 5-6 ton/ha , saat ini dengan adanya kerjasama dengan Dandim dan Dinas pertanian, dapat meningkat menjadi 9-10 ton/ha , sehingga kebutuhan pangan di Kota Pariaman walaupun lahan sawah berkurang tetap stabil, ucapnya.

“Saat ini produksi padi di Kota Pariaman telah mencapai 35.500 ton/ha, sampai tahun 2017, sedangkan untuk kebutuhan Kota Pariaman hanya 18 ribu ton/ha, sehingga masih surplus. Dan berdasarkan data yang dikeluarkan oleh BPS saat ini, Kota Pariaman sudah mencapai 6,5 ton/ha, peringkat dua setelah bukittinggi, hal ini menjadi kebanggan tersendiri bagi kita, ditambah dengan dibentuknya balai benih oleh Mentri Pertanian di cubadak Aie tahun 2015 kemaren, akan semakin menunjukkan keseriusan Kota Pariaman untuk mewujudkan Swasembada Pangan yang digaungkan oleh Presiden kita Joko Widodo”, tukasnya.

 Hadir dalam acara rombongan BPTP Provinsi Sumbar yang mengadakan Demo alat Pertanian, Wakil Komandan Kodim 0308 Mayor Hamdani beserta Danramil dan personil TNI lainnya, Kadis Pertanian Syaiful Rizal dan jajaran Dinas Pertanian Kota Pariaman, Sekcam Pariaman Tengah serta Kelompok Tani se Kecamatan Pariaman tengah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*