Demplot Padi Kartika 1-82 Kodim 0308/Pariaman Capai 7,5 Ton Per Hektare

Demplot Padi Kartika 1-82 Kodim 0308/Pariaman Capai 7,5 Ton Per Hektare

Demplot Padi Kartika 1-82 Kodim 0308/Pariaman Capai 7,5 Ton Per Hektare

Advertisements

Pariaman, PADANG-TODAY.com-Panen Demplot Padi Kartika 1-82 Kodim 0308/Pariaman yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ke­lom­pok Tani Lasuang Duo, Desa Sungai Pasak, Kecamatan Pariaman Timur, Sabtu (16/4), mencapai 7,5 ton per hektare.

Padi yang ditanam pada 11 Januari 2016 tersebut dipa­nen oleh Dandim, 0308/Pa­ria­man, Letkol Arh. Endro Nurbantoro bersama Kepala Dinas Pertanian Kota Paria­man, Agus Riatman, serta Ketua Kelompok Tani  La­suang Duo Desa Sungai Pa­sak, Yosef Chairul, dan sejum­lah petani setempat.

Endro menuturkan, Dem­plot dengan hasil menggem­birakan tersebut harus men­jadi contoh bagi para petani untuk terus meningkatkan produksi gabah yang mereka olah melalui tanam padi sa­wah. Ia mengingatkan petani untuk tak hanya berfokus terhadap produksi gabah yang melimpah, tetapi juga mem­pertahan hasil panen dan meningkatkannya.

“Kami akan terus me­nge­valuasi hasil-hasil yang baik ini, agar lebih baik ke depan. Kalau kini baru 1 hektare, pada musim tanam berikut­nya bisa lebih merata atau berhek­tare-hektare,” kata Dandim Endro.

Varietas padi itu, kata Endro, masuk ke dalam orien­tasi pasar. Jadi, varietas yang dikembangkan tersebut juga laku di pasar, selain untuk konsumsi petani. Keunggulan varitas Kar­tika 1-82, panen lebih cepoat, hanya dalam 89 hari, tanaman padinya bisa dipanen oleh petani, ini berarti lebih cepat dari tanam padi varitas biasa.

Sementara itu, Agus Riat­man menjelaskan, varietas Kartika 1-82 memperkaya varietas yang sudah lebih dulu berkembang dan ditanam oleh petani. Keunggulan-ke­unggulan padi Kartika 1-82, produksi gabahnya menjadi acuan bagi petani untuk ta­nam selanjutnya.

Ia mengakui, irigasi per­manen di kawasan pertanian kecamatan Pariaman Timur belum sepenuhnya. Pihaknya sudah mempersiapkan irigasi teknis yang lebih baik dan memadai, dengan pendataan dan survei. (rel/Penrem 032/Wbr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*