Desa Koto Marapak Dinilai Tim PKK KB Kes Tingkat Nasional

Ketua tim penilai pkk kb kes nasional mardianto sedang berdialog dengan kader posyandu, pkk dan stakeholder lainnya

Ketua tim penilai pkk kb kes nasional mardianto sedang berdialog dengan kader posyandu, pkk dan stakeholder lainnya

Pariaman,PADANG-TODAY.COM__Setelah Juara ditingkat Propinsi Sumatera Barat, Desa Koto Marapak, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman dinilai oleh Tim Penilai Kesatuan Gerakan PKK Keluarga Berencana (KB) Kesehatan Bidang Posyandu Tingkat Nasional, Rabu 04-05-2016 di Pariaman beberapa waktu lalu.

“Prestasi tentu kita perlukan, tetapi yang penting bagaimana seluruh unsur yang ada dapat bergerak untuk kesejahteraan masyarakat, Saya berharap Tim Penilai dari pusat dapat memberikan arahan dan petunjuk untuk perbaikan kedepan.” Ungkap Mukhlis Rahaman dalam siaran Perss nya.

Dikatakan, bahwa kedatangan Tim Penilai Pusat sebagai bahan untuk evaluasi bagi Pemerintah Kota Pariaman dalam melaksanakan Program Bidang Posyandu. Rombongan ini, jelas Walikota, Tim Penilai Pusat terdiri dari ketua Widarto,M.Si dan Anggota Marsuli dan drg.Widyawati dari Penggerak PKK pusat dan Direktorat Jenderal Promosi Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Dijelaskan, Untuk mewujudkan masyarakat sehat Kota Pariaman telah melahirkan Program Kesehatan Gratis, seluruh warga kota pariaman gratis berobat sampai ke Rumah Sakit M.Jamil dan Ahmad Mukhtar. Walaupun sudah ada BPJS namun Kota tetap menganggarkan jaminan kesehatan bagi warganya, yang dianggarkan di Dinas Kesehatan, karena tidak semua orang tertampung dengan BPJS. Terangnya.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Orang harus sehat dan otak harus cerdas, agar orang sehat diberikan pelayanan gratsis berobat,” katanya.

Selain itu, tambahnya, untuk mencerdaskan otak atau disebut Sumber Daya Manusia, Pemko Pariaman telah memprogramkan Wajar 12 tahun gratis.

” Program Wajib Belajar 12 tahun ini, sudah kita programkan sejak tahun 2009, dan tahun 2013 kita operasionalkan Bus sekolah gratis, sekarang Bus sekolah telah berjumlah 9 bus yang beroperasiol keseluruh sekolah yang ada di Kota Pariaman.”

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Pusat, Widarto dalam sambutannya sangat apresiasi dengan program yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Pariaman, sangat membantu sekali terhadap Program Pemerintah Pusat, dengan masuk 6 besar Desa Koto Marapak berarti sudah juara nasional.

” Dengan masuk nominasi 6 besar, Desa Koto Marapak sudah masuk juara nasional, karena ke enam Kota ini akan di undang nanti untuk menerima penghargaan di Nusa Tenggara Timur, Desa ini bagus dan memiliki Dubalang dan Barakai yang belum pernah saya dengar dari derah lain.” Ungkap ketua tim pusat ini.

Untuk mendapatkan juara satu (Prakarti Utama Satu), masing-masing Kota memiliki peluang yang sama, Desa Koto Marapak memiliki peluang untuk itu.

“Menentukan juara, ada indikator yang dinilai, apabila hasil penilaian kami dilapangan lebih baik dari pada data yang dikirimkan, maka bisa juara, dilapangan Kadernya Inovatif, mampu menjelaskan, cerdas dan senyum.” Ungkap Widarto.
Acara ini berlangsung dengan keakraban, seluruh masyarakat Desa Koto Marapak antusias menghadiri acara, termasuk ninik mamak, alim ulama dan cadiak pandai, barakai dan dubalang.

Hadir dalam acara tersebut Tim Penggerak PKK Propinsi Sumatera Barat, Ketua DPRD Mardison Mahyudin, Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny. Reni Mukhlis, Ketua GOW Kota Pariaman Ny. Lucy Genius, perwakilan dari Polres, Dandim, DWP, LKAAM, KAN dan SKPD se Kota Pariaman.(suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*