Deteksi Kanker Prostat Lewat Urine Hanya Dalam Hitungan Menit

Alat Pendeteksi Kanker Prostat.

Alat Pendeteksi Kanker Prostat.

PADANGTODAY.com-Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kanker. Sebagian besar melibatkan dokter atau pemeriksaan yang dilakukan di rumah sakit dengan alat yang canggih. Namun kini peneliti tengah mengembangkan sebuah alat yang diklaim mampu mendeteksi kanker dan penyakit hanya melalui urine. Tak hanya itu, alat ini diklaim bisa mendeteksi kanker hanya dalam hitungan menit saja, dan bisa dilakukan sendiri!

Alat tersebut dikembangkan oleh ahli kimia dari Brigham Young University, Adam Woolley dan mahasiswanya. Alat yang mirip dengan tabung ini mampu mendeteksi tanda kanker prostat dan penyakit ginjal hanya dalam beberapa menit. Yang dibutuhkan hanya sampel urine pasien.

Cara mendeteksinya adalah membiarkan urine mengalir melewati alat tersebut. Urine yang bersih dan bebas penyakit ginjal atau kanker prostat akan terus mengalir dalam tabung, semakin jauh semakin baik. Jika urine tersebut mengandung tanda kanker atau penyakit, DNA yang melapisinya akan menangkap ‘tanda’ tersebut dan menunjukkan adanya penyakit di dalamnya.

“Alat ini bisa mendeteksi tanda dalam batasan tertentu, yaitu satu miliar dari satu persen konten dalam urine. Jika tanda-tandanya kurang dari itu, maka tak akan terdeteksi. Jika kami bisa meningkatkan sensitivitas alat ini ke depannya akan lebih baik,” ungkap Woolley, seperti dilansir oleh Science Daily (28/10).

Penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal Analytical Methods dengan bantuan penulisan dari mahasiswa Deboline Chatterjee dan Danielle Mansfield. Untuk selanjutnya peneliti masih akan melakukan percobaan lebih lanjut terhadap metode baru ini.

Sejauh ini, metode baru tersebut menawarkan beberapa kelebihan. Antara lain, tak perlu ada pemeriksaan darah, tes yang rumit, hasil yang cepat diketahui, dan tingkat ketepatan yang cukup tinggi. Meski saat ini metode ini diketahui bisa mendeteksi kanker prostat dan penyakit ginjal saja, tetapi tak menutup kemungkinan bahwa selanjutnya metode ini bisa digunakan untuk mendeteksi penyakit lain.(dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*