Dialog BA 1 C: Syafri Djalinus, Fokus Membangun Ekonomi Rakyat

Syafri Djalinus

Syafri Djalinus

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Dialog menuju ‘BA 1 C’ yang digelar Balai Wartawan Luak Limopuluah, Sabtu (30/5) dengan menghadirkan tokoh rantau dari Pekanbaru, Riau, Syafri Djalinus, sebagai bakal calon Bupati, berlangsung hangat.

Pasalnya, Visi dan Misi yang disampaikan putra Padang Jopang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, yang sudah dua kali mencalonkan diri sebagai bakal calon Bupati itu, menyorot tentang lemahya ekonomi masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota, yang sampai saat ini masih terpuruk.

Sebagai putra daerah asli Kabupaten Limapuluh Kota, aku Asyirwan Yunus, dia punya niat ikhlas untuk membangun Kabupaten Limapuluh Kota, utamanya bidang pembangunan ekonomi.

“Sebagai perantau yang sering pulang ke kampung halaman, Saya sedih melihat kondisi ekonomi masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota yang kenyataannya sampai saat ini masih banyak yang miskin, “ungkap pejabat yang masih aktif di Dinas Perhubungan Propinsi Riau itu.

Tidak hanya itu, dia juga mengungkapkan rasa herannya, kenapa ekonomi masyarakat Limapuluh Kota masih banyak yang miskin dan ekonominya tidak bangkit-bangkit, utamanya bagi warga masyarakat yang berada di daerah pinggiran Kabupaten Limapuluh Kota.

“Padahal, masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota banyak yang kaya-kaya dan para tokohnya banyak pula yang berpangkat tinggi-tinggi, “sebut Syafri Djalinus sambil menyidir siapa yang salah atas terpuruknya ekonomi masyarakat itu. Potensi Kabupaten Limapuluh Kota, sangat menjanjikan untuk digarap guna meningkatkan ekonomi masyarakatnya.

Menurut mantan Ketua Gonjong Limo, Riau itu, jika dia terpilih menjadi Bupati, maka program nyata yang bakal menjadi prioritas adalah peningkatan ekonomi dan gerakan perubahan.

Tokoh yang mengaku sudah melakukan pendekatan dengan koalisi Partai Limapuluh Kota Bangkit itu, tidak hanya bertekad akan membangun ekonomi masyarakat, tetapi juga akan berupaya membangun insfrastruktur jalan, jembatan dan irigasi, sebagai saranapendukung peningkatan ekonomi masyarakat di daerah-daerah.

“Saya bertekad, jika terpilih menjadi Bupati untuk periode 2015-2020, akan fokus membangun daerah-daerah yang selama ini potensinya tidak digarap secara maksimal. Terutama bagi Nagori atau Jorong yang masih tertinggal dan belum memiliki sarana jalan,” sebut Syafri Djalinus.

Dalam dialog yang berlangsung hangat itu, Syafri Djalinus, tidak hanya menyorot lemahnya peranan pemerintah daerah dalam pembangunan ekonomi masyarakat. Namun, dia juga menyorot kinerja kawan-kawan wartawan, yang tidak peka terhadap kondisi sosial masyarakat Limapuluh Kota yang berada di daerah pinggiran yang selama ini keluhannya tidak pernah terekspose.

“Sekali lagi, jika saya terpilih menjadi Bupati, saya akan gandeng kawan-kawan wartawan untuk turun ke daerah pinggiran, secara bersama-sama kita bangkitkan rasa kebersamaan dalam membangun daerah ini,” ulas Syafri Djalinus.

Usai memaparkan Visi dan Misi, Syafri Djalinus, menandatangani Pakta Integritas dengan Balai Wartawan Luak Limopuluah, yang isinya bersedia melakukan reformasi birokrasi, transparansi anggaran dan meningkatkan kinerja dalam melakukan pelayanan dan mensejahterakan masyarakat sebagai bentuk tanggungjawab pelaksanaan Visi dan Misi.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*