Dibalik Pelantikan 20 Anggota Dewan 2014-2019, Ada Yang Senyum dan Ada Tidak

Pelantikan Anggota DPRD Kota Pariaman 2014-2019Pariaman, PADANGTODAY.com – Proses pelantikan 20 orang anggota DPRD Kota Pariaman periode 2014-2019 telah hampir satu minggu berjalan. Namun, saat pelantikan anggota dewan terhormat tersebut dihadiri ratusan masyarakat dari semua kalangan.

Mulai dari mantan Walikota Pariaman dan Walikota Pariaman sekarang H Mukhlis R bersama Wakilnya, Genius Umar. Begitu juga mantan-mantan pejabat juga hadiri proses pelantikan anggota dewan terhomat itu.

Di lokasi pelantikan gedung dewan kota, dari semua anggota DPRD Kota Pariaman itu umumnya, bahagia, karena mereka akan dilantik menjadi anggota DPRD untuk lima tahun ke depan.

Sebagian mereka ada yang senyum dan sebagian ada yang tidak senyum. Entah apa  yang mereka fikirkan. Masyarakat tidak mengetahui apa yang mereka fikirkan oleh masing-masing anggota dewan yang dilantik tersebut.

Tapi, masyarakat beharap semua aspirasinya dapat disalurkannya, walau masyarakat tidak mengetahui apa dalam fikiran masing-masing anggota DPRD Kota Pariaman yang baru dilantik oleh Ketua PN Pariaman Efendi Mukthar itu.

Kemudian masyarakat Kota Pariaman mengaharapkan agar semua anggota DPRD Kota Pariaman memikirkan kemajuan kota yang lebih baik lagi. Sehingga visi dan misi Kota Pariaman tercapai sebagaimana yang diharapkan bersama.

“Kita sebagai warga ingin anggota DPRD Kota Pariaman sama-sama memikirkan kemajuan daerah bersama Pemko Pariaman. Sehingga semua program daerah berjalan dengan baik untuk kemajuan kota yang lebih baik lagi,” kata Nasrul salah seorang PNS di lingkungan Pemko Pariaman kepada POSMETRO saat pelantikan tersebut.

Sementara itu, mantan Ketua DPRD Kota Pariaman Ibnu Hajar menyatakan, dewan pada masanya bersama eksekutif telah mengambil kebijakan pembangunan berupa fisik, pembangunan infrastruktur jalan beraspal hotmix sampai ke pelosok-pelosok desa.

Kemudian dibidang pendidikan telah ditetapkan program wajib belajar 12 tahun, dibidang  pelayanan kesehatan berupa program jaminan kesehatan sabiduak sadayuang (jkss) dan pelayanan kesehatan lainnya yang merata sampai kedesa-desa.

Selanjutnya, diresmikan Kecamatan Pariaman Timur tanggal 26 Februari 2010 dan telah dicanangkan pula Kota Pariaman sebagai kota layak anak. “Semoga kita dapat terus meningkatkan prestasi dengan semangat ”sabiduak sadayuang” untuk kedepan dan seterusnya,” ujarnya.

Katanya, dewan dan eksekutif, semuanya adalah untuk peningkatan kesejahteran hidup rakyat kota pariaman. Selanjutnya, jumlah perda yang telah disepakati dengan pihak eksekutif sebanyak 75 selama kedewannya. Begitu peraturan DPRD yang telah dilahirkan sebanyak 3 buah, keputusan DPRD sebanyak 109, keputusan pimpinan DPRD sebanyak 13 dan 6 rekomendasi.

Sedangkanm pimpinan DPRD Kota Pariaman sementara Mardison Mahyuddin didampingi Jhon Edwar menyatakan dalam undang-undang nomor 27 tahun 2009 tentang  tugas pokok pimpinan DPRD adalah memimpin rapat-rapat dprd, memfasilitasi pembentukan fraksi, menyusun rancangan peraturan tata tertib DPRD dan memproses pembentukan pimpinan definitif DPRD Kota Pariaman.

“Insya allah, kami pimpinan sementara yang baru saja ditugaskan mengemban amanah tersebut berjanji akan dapat melaksanakan tugas itu dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Dirinya atas nama anggota DPRD masa jabatan 2014-2019 mengucapkan terima kasih kepada kpu dan panwaslu kota pariaman beserta jajaran yang telah berhasil memproses penyelenggaraan pemilihan umum legislatif tanggal 9 April 2014 yang lalu.

Sebab pelaksanaan pemilu tersebut telah berjalan dengan sukses, lancar, jujur dan adil. Selanjutnya terima kasih kepada walikota dan segenap jajaran,  serta segenap hadirin dan hadirat para undangan yang telah berkenan mengikuti acara ini dari awal hingga akhir, semoga untuk kedepannya, DPRD sebagai pengimbang yang selalu melakukan chek and balance kepada pihak eksekutif dalam menjalankan roda pemerintahan dengan tupoksinya sebagai legislasi, penganggaran, dan pengawasan.

Diharapkan tetap berjalan dengan synergis dalam menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih, serta berusaha menciptakan tranparansi kepemerintahan yang diinginkan oleh publik/masyarakat.

“Khusus dan teristimewa sekali kepada segenap rakyat Kota Pariaman yang telah mempercayai kami untuk duduk disini sebagai wakil-wakil rakyat melalui pemilihan umum legislatif,” ujarnya

Agenda pertama DPRD Kota Pariaman adalah rapat paripurna istimewa mendengar pidato kenegaraan Presiden RI telah berlangsung dan pidato pengantar RAPBN tahun 2015. Kemudian rapat pembentukan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman periode lima tahun ke depan.

“Kita sebagai pimpinan DPRD Kota Pariaman siap berkerja sama dengan Pemko Pariaman dalam menjalankan roda pemerintahan untuk kemajuan daerah yang lebih baik,” ujarnya.

Terpisah, Walikota Pariaman H Mukhlis R menyatakan, DPRD adalah mitra kerja Pemko Pariaman dalam menjalankan roda pemerintahan untuk kemajuan daerah ke depan. “Kita berharap dukungan DPRD terus berlanjut untuk kemajuan kota dalam mencapai visi dan misi daerah,” tambahnya mengakhiri. (nur)