Diikuti Ratusan Kader PKK Bulan Bhakti Dasawisma Kota Padang Panjang Dicanangkan

Padang Panjang, Padang-Today.com  – Ratusan kader PKK Kota Padang Panjang memadati Gedung M Syafei untuk menghadiri acara pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma, Jumat (16/3). Antusias para Kader PKK tersebut menjadi salah satu gambaran bahwa kehadiran PKK mempunyai arti penting ditengah masyarakat Kota berjuluk Serambi Mekah itu.Pecanangan dihadiri oleh sejumlah pejabat, diantaranya Pjs. Walikota Padang Panjang Irwan, Wakil Ketua TP. PKK Provinsi Sumatera Barat Wartawati Nasrul Abit, FORKOPIMDA, Para Kepala Dinas, para pengurus TP. PKK dari tingkat Kelurahan hingga tingkat Kota, serta undangan lainnya.

Advertisements

Dengan dicanangkannya Bulan Bhakti Dasawisma itu maka Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan , Anak dan Keluarga Berencana berharap 10 program PKK dapat benar benar terlaksana . 10 program PKK mencakup : Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi.

Pjs. Walikota Padang Panjang Irwan menyampaikan, Dasawisma di Kota Padang Panjang saat ini bekembang cukup signifikan, disetiap Kelurahan terdapat setidaknya 50 lebih kelompok Dasawisma. Diperkirakan anggota Dasawisma saat ini telah berjumlah 694 orang. “ kegiatan Dasawisma berfungsi untuk membantu program pokok PKK, kalau tidak ada Dasawisma, PKK itu akan mentok, karena adanya Dasawisma lah PKK dapat bergerak , bisa membantu kegiatan pemerintah,” katanya.

Wartawati Nasrul Abit menyampaikan, saat ini masih ada kelompok Dasawisma yang belum terbentuk. Pembinaan, bimbingan dan arahan sangat diperlukan secara seksama, terpadu dan berkesinambungan oleh tim penggerak PKK secara berjenjang. “ untuk itu tim penggerak PKK disetiap jajaran perlu melakukan berbagai terobosan dan upaya upaya agar kelompok Dasawisma dapat melakukan kegiatan kegiatan yang bermanfaat melalui 10 program pokok PKK,” katanya.

Sementara Plt. Ketua TP. PKK Kota Padang Panjang, Siti Kemala Irwan menyampaikan Dasawisma diharapkan dapat menjadi ujung tombak dalam melaksanakan 10 Program PKK dan menjadi mitra pemerintah. “ Kelompok Dasawisma harus terus meningkatkan peranan sebagai ujung tombak dalam meningkatkan kwalitas dan kesejahteraan masyarakat, melalui Dasawisma diharapkan dapat membantu sekaligus mengantisipasi berbagai penyakit masyarakat,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*