Diknas Seleksi Tenaga Pendidik Sebagai Calon Kepsek

Kadisdik-Desmon
Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Upaya menggapai kualitas pendidikan dan mutu output sekolah, Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang menjalankan peraturan perundang-undangan tentang pengangkatan kepala sekolah (kepsek) melalui seleksi angkatan ke-2 calon kepsek SD, SMP, SMA dan SMK.

Advertisements

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padangpanjang, Desmon menyebut seleksi calon kepala sekolah tersebut telah digelar untuk keduakalinya dengan jumlah peserta kali ini sebanyak 50 orang dari seluruh tingkatan sekolah. Seleksi angkatan ke-2 tersebut disebutkan, 32 orang di antaranya merupakan calon kepsek untuk Sekolah Dasar (SD).

“Jumlah tersebut masih belum sesuai dengan target kami, meski persyaratannya telah diminimalkan. Lulusan angkatan ke-2 ini nantinya akan bergabung dengan 18 calon kepsek dari seleksi pertama untuk mengikuti diklat pada 2-8 September mendatang dan dilanjutkan dengan On the Job Learning (OJL) hingga awal Desember mendatang,” ungkap Desmon kepada Padang-Today.

Dikatakannya juga, rangkaian kegiatan yang seluruhnya melalui pembiayaan dari APBD Kota Padangpanjang itu akan diikuti rangkaian proses seleksi dan diklat yang dilaksanakan oleh Supervisor dari Lembaga Pengembangan Pemberdayaan Kepala Sekolah dari Kemendikbud. Kemudian 8 anggota tim assesor dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumbar.

“Seleksi ini murni dilakukan oleh pihak berkompeten di bidangnya sehingga tidak ada unsur-unsur lainnya yang dapat mengintervensi. Seluruh rangkaian kegiatan ini sebagai mana diwajibkan peraturan perundang-undangan, murni dibiayai melalui APBD Padangpanjang tahun 2015 ini,” jelas Desmon.

Wali Kota Padangpanjang, Hendri Arnis saat membuka secara resmi proses seleksi angkatan ke-2 calon kepala sekolah untuk seluruh tingkatan pendidikan formal negeri di kota berhawa sejuk itu berharap dapat memberikan dampak baik terhadap peningkatan kualitas dan mutu pendidikan serta output sekolah.

Semua peserta yang terdiri dari tenaga pendidik pada seluruh tingkatan sekolah negeri di kota berhawa sejuk itu, Wako Hendri Arnis meminta untuk mengikuti setiap tahapan seleksi dengan baik, disiplin dan sungguh-sungguh sehingga dapat berlanjut ke tahapan diklat. Sesuai dengan peraturan yang berlaku, kepala sekolah hanya berhak menjabat jika yang bersangkutan memiliki sertifikat dari lembaga terkait.

“Hanya bagi yang lulua diklat saja yang berpeluang diangkat menjadi kepsek. Harapan kami, bagi yang diangkat nantinya, jadikanlah sekolah yang bapak-ibuk pimpin lebih berkualitas dan berdaya saing tinggi. Semua kita harus menjadi yang terbaik dan memberikan yang terbaik pula untuk masyarakat Kota Padangpanjang,” pungkas Wako Hendri. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*