Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pariaman adakan Sosialisasi Kependudukan

PARIAMAN,PADANGTODAY.COM-sebanyak 225 orang mengikuti Sosialisasi Peraturan perundang-undangan tentang administrasi kependudukan Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pariaman tahun 2015. Acara ini dibuka oleh Walikota Pariaman yang diwakili oleh Staf Ahli Oktavianus bertempat di Gedung Pondok Indah Pariaman (2/12)

Advertisements

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, peserta dibagi dalam 2 angkatan yang berasal dari Kepala SD/MI, Kasi Pemerintahan Kecamatan, Sekretaris lurah/desa, kasi pemerintahan kelurahan/kaur pemerintahan desa se-Kota Pariaman. Sedangkan narasumber yang diundang berasal dari Pengadilan Agama dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pariaman.

Oktavianus menyampaikan bahwa Pemerintahan Kota Pariaman telah menindaklanjuti Undang-undang Nomor 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan dengan menerbitkan Peraturan Walikota Nomor 43 tahun 2014 tentang persyaratan dan tata cara penyelenggaraan administrasi kependudukan.

Menurut undang-undang nomor 24 tahun 2013, administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, Pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan public dan pembangunan sektor lain, tambahnya.

“Saat ini jumlah penduduk Kota Pariaman berjumlah sebanyak 89.038 jiwa, adapun yang telah diterbitkan akta kelahiran oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pariaman baru 57.875 jiwa (65 %). Untuk itu kepada masyarakat Kota Pariaman yang belum memiliki akta kelahiran agar segera mengurusnya ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil”, ujarnya. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*