Dinas PU Akan Perbaiki Jembatan di Padang

PADANG,PADANGTODAY.COM – Jembatan yang ada di Kota Padang akan diperbaiki Pemerintah Kota Padang. Jembatan tersebut dibangun dalam tahun 2016. Diharapkan dengan pembangunan jembatan itu, akses warga ke daerah lain akan lebih mudah.

Advertisements

Salah satu jembatan yang akan dikerjakan itu yakni jembatan yang menghubungkan Kelurahan Kurao Pagang dengan Kelurahan Dadok Tunggul Hitam. Lokasi jembatan di Kurao tersebut berada tak jauh dari SMPN 29 Padang.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Padang melalui Kabid Bina Marga Hendry Piton mengunjungi jembatan tersebut, Selasa (1/12).

Peninjauan ini dilakukan setelah mendapat laporan dari warga kepada Pemerintah Kota Padang bahwa jembatan tersebut sudah rusak dan tidak layak untuk dilewati.

Setelah dilakukan peninjauan, jembatan tersebut bukanlah jembatan utama, akan tetapi jalan alternatif. Namun Pemko Padang akan terus melakukan perbaikan kepada jembatan tersebut sebagai akses warga untuk beraktifitas ke rumah ibadah maupun ke sekolah.

Dikatakan Hendry, pembangunan jembatan sudah masuk dalam perencanaan. Untuk sementara, pihaknya dalam waktu dekat akan memperbaiki jembatan tersebut. “Untuk dalam waktu dekat kita akan bangun dulu jembatan darurat. Akan dipasang leger (besi), sehingga warga dan anak sekolah bisa lewat,” katanya.

Disebutkan Hendry, pengerjaan jembatan darurat itu dilakukan Rabu (2/11) ini. Pengerjaan tersebut dikerjakan lewat dana operasional. “Biaya untuk pembangunan jembatan darurat ini sekitar Rp 20 juta,” sebut Hendry.
Sedangkan untuk pengerjaan jembatan dalam waktu jangka panjang, Dinas Pekerjaan Umum telah menganggarkan dana untuk jembatan ini. Fisik jembatan tersebut akan terbuat dari beton dan dikerjakan tahun 2016 nanti. “Panjang jembatan sekitar 20 meter dengan lebar 7 meter,” kata Hendry.

Biaya pembangunan jembatan Kurao ini akan memakan biaya miliaran rupiah. Pembangunan jembatan Kurao – Dadok ini akan ditender pada bulan Januari tahun depan. Diperkirakan pembangunan jembatan ini dilakukan Februari nanti. “Biaya pembangunan jembatan ini sudah ada di APBD 2016 dengan pagu dana Rp 4,5 Miliar. Diestimasi pengerjaan jembatan ini memakan waktu empat bulan lamanya,” kata Hendry.

Sebelumnya, jembatan ini dibangun secara darurat pada 2013 lalu oleh warga bersama Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo (ketika itu masih Wakil Walikota Padang) sebagai jalan alternatif ke sekolah dan masjid. Namun dalam perjalanannya, karena sering dilalui warga dan diterjang banjir, jembatan ini mengalami penurunan kondisi. Karena itulah Pemko Padang kembali membangun jembatan tersebut agar dapat lebih permanen.(c/can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*