Dinkes Agam Mulai KTR di Sekolah

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Arno, saat sosialisasi tentang KTR di SMAN 1 Tilatang Kamang, Senin, (1/9).Agam, PADANGTODAY.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, melakukan sosialisasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) secara bertahap di Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di daerah itu.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Arno, Senin, (1/9), mengatakan, Dinkes Kabupaten Agam dan petugas Prokes Puskesmas Pakan Kamis telah melaksanakan sosialisasi tentang KTR di SMAN 1 Tilatang Kamang.

“Kegiatan ini diikuti oleh kepala SD, SMP, SMA, ketua komite, tokoh masyarakat, pengurus mesjid dan mushalla yang berada di wilayah kerja Puskesmas Pakan Kamis,” kata Arnol.

Arnol menambahkan, sosialisasi KTR ini penting dilaksanakan bagi warga sekolah, karena berbicara rokok sangat erat kaitannya dengan masalah kesehatan dan berdampak terhadap tubuh manusia.

Dampak rokok bisa menyebabkan penyakit kanker paru-paru, jantung koroner, kanker kandung kemih, kanker payudara, kanker serviks, kanker kerongkongan, kanker mulut, gangguan janin, penyakit stroke dan impotensi.

“Kawasan tanpa rokok itu yakni, fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat anak bermain, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja, tempat umum dan tempat lain yang ditetapkan,” lanjut Arnol.

“Kita mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk sama menghargai orang yang tidak merokok, karena kita sangat membutuhkan udara segar yang terbebas dari asap rokok dan ini telah diatur pada UU RI No 36 Tahun 2009 yang tertuang pada pasal 115 menyatakan perlu diciptakan KTR,” harapnya. (AMC/jon/ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas