Dinkes Sosialisasikan Sanitasi

PADANGPANJANG-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), memberikan sosialisasi sanitasi berbasis masyarakat kepada kader lingkungan yang ada di daerah itu untuk memberikan pemahaman perilaku hidup bersih sehat (PHBS).

“Sosialisasi ini akan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang sanitasi yang sesuai dengan perilaku hidup bersih sehat,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Padang Panjang Rio Akhadanelly di Padang Panjang, Rabu.

Ia menambahkan, sanitasi masyarakat di Padang Panjang pada umumnya belum sesuai dengan PHBS. “Masyarakat masih ada yang membuang kotoran melalui jambannya ke kolam dan sungai,” ujarnya.

Sementara sanitasi masyarakat yang sesuai dengan PHBS adalah rumah tangga yang memiliki “safety tank. “Artinya masyarakat memiliki tempat buang kotoran kedalam tanah,” ujarnya.

Untuk itu dengan adanya sosialisasi itu, diharapkan kader dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang sanitasi yang sesuai dengan perilaku hidup sehat.

Tidak adanya sanitasi yang sesuai dengan PHBS, aka bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit dari kotoran yang dibuang ke kolam dan sungai itu.

“Air akan tercemar oleh kotoran itu yang bisa menimbulkan berbagai bakteri penyakit,” jelasnya.

Ia juga mengharapkan masyarakat Padang Panjang bisa memiliki safety tank tersebut, supaya tidak membuang kotoran ke sungai dan kolam.

Kader lingkungan yang mengikuti sosialisasi itu, Yunidar merasa mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dalam menerapkan PHBS dilingkungan tempat tinggalnya.

“Kami akan menyampaikan apa yang didapat dalam sosialisasi ini kepada masyarakat, paling tidak dilingkungan tempat tinggal nantinya,” ujarnya. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*