Diprediksi Puncak Warga Yang Akan Mudik Terjadi Pada H-3

ilustrasi mudik

ilustrasi mudik

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Hingga H-4 Lebaran 2015 situasi Terminal Cicaheum Bandung terbilang normal. Tercatat sejak H-7 hingga H-4 atau Minggu 12 Juli kemarin, hanya 13.561 warga meninggalkan Kota Bandung.Diprediksi puncak warga yang akan mudik menggunakan kendaraan umum khususnya bus akan terjadi pada H-3 atau Selasa 14 Juli besok.

“Prediksi puncak diperkirakan H-3, mengingat rutinitas warga yang baru akan selesai hari ini atau besok,” kata Kepala Terminal Cicaheum, Abdul Haris, saat ditemui di lokasi, Senin (13/7).

Dia mengaku, telah mengantisipasi lonjakan penumpang yang bakal terjadi di Terminal Cicaheum Bandung. Salah satunya mempersiapkan 278 armada plus 20 cadangan jika adanya lonjakan di luar prediksi. Adapun rinciannya yakni AKAP 123 dan 155 AKDP.

“Armada sudah siap untuk mengangkut pemudik lebaran ini,” terangnya. Adapun tujuan pemudik dari Bandung didominasi ke arah Jawa Tengah dengan tujuan Semarang, Yogyakarta, Wonogiri dan Wonosobo.

Dia berharap, malam ini peningkatan jumlah penumpang bisa terjadi di Terminal Cicaheum Bandung. “Ini agar bisa meminimalisir adanya penumpukan besok,” terangnya.

Dalam catatannya, pemudik yang bergerak pada H-7 dari Cicaheum yakni 3.330 orang, H-6 : 4.294, H-5 : 5.937. “Kalau melihat catatan kami penurunan pemudik yang menggunakan kendaraan umum khususnya bus mengalami penurunan setiap tahunnya. Diperkirakan 7-8 persen,” terangnya. Tahun lalu hingga H-4 pemudik yang meninggalkan Bandung via Cicaheum adalah 13.730.

(hhw/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*