Direktorat Metrologi Tinjau Potensi UPTD Padangpanjang Diminta Siapkan Lahan

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Pascaterima bantuan peralatan ukur, timbang, takar dan perlengkapannya (UTTP) 2012 lalu, Direktoral Jendral Metrologi Legal Bandung mengunjungi Kota Padangpanjang dalam agenda tinjau kemanfaatan, Kamis (25/9) kemarin siang.

Kunjungan dadakan rombongan beranggotakan 6 orang yang dikepalai Dirjen Standarisasi dan Perlindungan Konsumen, Agus Permana tersebut menilai Padangpanjang sangat strategis terhadap layanan tera. Bahkan Padangpanjang diminta untuk menindaklanjuti bantuan UTTP dengan pendirian UPTD guna melayani beberapa daerah tetangga seperti Tanahdatar dan Bukittinggi.

Kepala Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Koperindag) Kota Padangpanjang, Reflis usai memberikan keterangan kepada romongan Dirjen Metrologi Legal Bandung itu menyebut untuk pendirian suatu UPTD harus didasari penerbitan Peraturan Walikota (Perwako). Terkait kesiapan sarana prasarana serta mobile dan tanaga SDM, Padangpanjang telah mencukupi.

Namun di sisi lain, Reflis juga mengungkapkan keinginan Direktorat agar Padangpanjang melangkah cepat menuju pendirian UPTD Metrologi Legal. Terhadap kebutuhan pendirian bangunan lengkap dengan mobilernya, Direktorat berkomitmen akan menganggarkan bantuan dana sesuai dengan kebutuhan.

“Jika Perwako telah diterbitkan, langkah yang perlu dipersiapkan tentu ketersediaan lahan. Saat ini memang tersedia anggaran untuk penyediaan lahan, namun untuk UPTD Metrologi Legal belum dilakukan pembahasan,” ujar Reflis.

Melihat potensi yang diungkapkan pihak Direktorat, setidaknya Pemko Padangpanjang  harus menyediakan lahan seluas 750 meter persegi. Dengan bantuan yang dijanjikan pihak direktorat sampai pada angka Rp3 miliar itu, diyakini mampu menjadi peluang pertambahan sumber PAD.

“Bantuan yang disebutkan pihak direktorat cukup menarik bagi Pemko untuk menyegerakan pendirian UPTD Metrologi Legal. Bahkan sarana mobile yang disebutkan mereka, sampai pada mobile berdayatahan terhadap resiko gempa,” pungkas Reflis. (dil/wrd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*