Direktur Dafduk Datang, Pemko Payakumbuh Rencanakan Terbitkan KIA

Direktur Dafduk, Pemko Payakumbuh Rencanakan Terbitkan KIA

Direktur Dafduk, Pemko Payakumbuh Rencanakan Terbitkan KIA

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Pemko Payakumbuh melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), akan menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA). Sesuai amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri,  No. 12 Tahun 2016, tentang KIA, setiap anak Indonesia, wajib memiliki kartu identitas resmi, sebagaimana KTP bagi penduduk dewasa.

Untuk sosialisasi KIA atau administrasi kependudukan dan pencatatan sipil itu, Disdukcapil Payakumbuh mengundang Direktur Pendaftaran Kependudukan Kemendagri RI, Drs Drajat Wisnu Setiawan MM, ke Payakumbuh. Acara sosialisasi tersebut digelar di sebuah hotel melati, Selasa (19/7).

Keterangan Kepala Disduk Capil Mediar Indra, M. Si, di balaikota, Rabu (20/7), kegiatan sosialisasi itu diberikan kepada camat, lurah, jajaran kesehatan, jajaran Dinas Sosial dan jajaran Kantor Kementerian Agama Payakumbuh dan pengadilan agama setempat. Peserta sebanyak 200 orang itu, diharapkan mampu menjelaskan persoalan admi9nistrasi kependudukan serta KIA dimaksud.

Walikota Payakumbuh diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Yoherman, S. Sos, mendukung kebijakan pemerintah pusat untuk menerbitkan KIA itu. “Kita akan mintakan dukungan DPRD, agar pembiayaan penerbitan KIA dapat terealisir dalam perubahan anggaran tahun ini,” katanya.

Menurut Kepala Disduk Capil Mediar Indra, sesuai hasil pendataan penduduk, di kota ini tercatat sekitar 47 ribu jiwa lebih, jumlah anak yang harus diterbitkan KIA-nya. Anak berusia 0 sampai 5 tahun, tidak perlu disertakan fotonya dalam KIA.

Dikatakan, KIA itu sangat dibutuhkan, untuk identitas anak Indonesia. Di Indonesia, kata Mediar, baru 50-an kota dan kabupaten yang sudah menerbitkan KIA. Sedangkan, di Sumbar, baru Kota Padangpanjang dan Solok yang sudah menerbitkan KIA, katanya.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*