Disdik Programkan Penguatan Guru BK dan Agama

Lambang Kota Padang PanjangPadangpanjang, Padangtoday—Fenomena sosial pergaulan bebas dan pengaruh perkembangan tekhnologi yang merambah segala tingkatan usia termasuk peserta didik, disikapi Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padangpanjang sebagai persoalan yang serius untuk segera dilakukan pencegahan dan penanganannya.

Advertisements

Kepala Disdik Padangpanjang, Desmon mengatakan tingginya pengaruh perkembangan tekhnoligi terhadap mental dan karakter anak peserta didik yang beranjak dewasa merupakan pemicu utama potensi perilaku menyimpang. Baik perilaku di lingkungan sekolah, lingkungan dan tindak negatif lainnya yang dapat mempengaruhi karakter serta mental peserta didik.

“Tidak kita pungkiri kondisi sekarang dengan perkembangan tekhnologi yang pesat, sangat banyak menjadi penyebab utama perilaku menyimpang generasi muda peserta didik. Karena itu kita menyikapinya di lingkungan sekolah dengan memberikan penguatan terhadap peran guru Bimbingan Konseling (BK) dan guru bidang studi Agama,” ujar Desmon di ruangan kerjanya kepada Padangtoday, Kamis (4/2) siang ini.

Beberapa fakta yang tampak di lingkungan pendidikan saat ini, banyak peserta didik yang kurang memperhatikan pola berpakaian, bergaul dan cara pandang terhadap lingkungan. Sehingga hal ini dinilai sebagai awal dari keterjerumusan generasi pelajar terhadap hal yang berbau negatif, di antaranya narkoba.

Langkah yang akan dilakukan dinas, yakni dengan membentuk tim khusus pengumpulan data berkaitan tindak dan perilaku anak peserta didik tingkat menengah. Kegiatan ini disampaikannya akan melibatkan pihak psikolog RSUD Padangpanjang untuk dikaji guna merumuskan langkah kebijakan yang tepat.

“Sesuai dengan tujuan pendidikan, yakni terwujudnya kepribadian yang optimal dari setiap peserta didik. Karena itu salah satu kewajiban tenaga pendidik adalah membantu (membimbing) setiap siswa dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapinya dan menilai keberhasilan siswa bersangkutan,” tutur Desmon.

Dikatakannya juga, bimbingan merupakan bagain integral dari proses pendidikan dan memiliki kontribusi terhadap keberhasilan proses pendidikan di sekolah. Berdasarkan alasantersebut, proses pendidikan di sekolah tidak akan berhasil secara baik apabila tidak didukung penyelenggaraan bimbingan secara baik pula.

“Karena itu untuk mendukung maksimalisasi bimbingan, tim akan melakukan pengumpulan data karakteristik dan perilaku mencolok di antara anak didik,” pungkasnya. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*