Disdukcapil Tingkatkan Standar Pelayanan

Kadis Capil Padangpariaman Fadly

Advertisements

Padang-today.com___Untuk meningkatkan pelayanan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Padangpariaman melaksanakan uji standar pelayanan publik untuk meningkatkan pelayanan penerbitan Kartu Keluarga.

“Kegiatan dilaksanakan untuk pelayanan yang lebih praktis sesuai aturan dan peraturan berlaku,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Padangpariaman, Fadhly di Pariaman, Kamis (3/5/2018).

Ia mengatakan, pelayanan selama ini memang sudah dinilai baik, namun dengan standar pelayanan maka tidak menyulitkan masyarakat.

“Tidak dipungkiri dari prosedur yang sudah dibuat terhadap 25 jenis layanan dari dinas ke masyarakat, tentu ada sistem yang masih lemah dan itulah yang diperbaiki,” ujarnya.

Contoh, kata dia, pelayanan prosedur pengurusan Kartu Keluarga, diantara persyaratan yaitu dilampirkan Kartu BPJS, dan Rekening listrik.

“Yang penting uji standar publik di dinas yang dilaksanakan sekarang mengacu kepada undang-undang  dan peraturan yang berlaku,” terangnya.

Selanjutnya, kata dia, diskusi yang dilakukan dengan para petugas register nagari, pemuka masyarakat dan aparat kecamatan, banyak masukan yang  diperoleh untuk melahirkan sebuah standar pelayanan yang lebih baik dan sesuai aturan dan undang-undang yang mengaturnya.

“Jadi sistim jeput bola yang kita lakukan selama ini dari aspirasi masyarakat bawah lebih baik,” kata dia.

Kemudian, lanjutnya, Hasil dari uji standar pelayanan publik dapat terealisasi. Pasalnya, masyarakat yang berurusan jauh datang ke capil untuk pengurusan sebuah dokumen kependudukan terlaksana dengan baik dan sesuai dengan aturan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*