Dispangtan Komit Jalankan Program Pembangunan Pertanian 2021

Padangpanjang, TODAY— Pemerintah Kota Padangpanjang melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) menyampaikan komitmen mengimplementasikan program kegiatan Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2021 secara virtual dari ruangan VIP Balaikota setempat, Senin (11/1/2020).

Advertisements

“Terdapat sejumlah program kegiatan yang dibahas dalam rakernas kali ini. Kebetulan ada beberapa yang menyangkut dengan Dispangtan Kota Padangpanjang. Diantaranya program dari Dirjen Sarana Prasarana, Dirjen Pertanian, Dirjen Holtikultura serta Dirjen Peternakan,” ungkap Kepala Dispangtan, Ade Nefrita Anas, SP di sela-sela vidcon tersebut.

Lebih lanjut, Ade menjelaskan pada Dirjen Sarana dan Prasarana tahun ini terdapat program rehab irigasi, perbaikan jaringan irigasi dan pengawasan pupuk dan pestisida. Pada Dirjen Holtikultura, ada sosialisasi program tentang pengembangan tanaman hias dan terhadap Dirjen Pertanian terdapat program pengembangan sapi perah.

“Jadi Rakernas ini menjelaskan juklak dan juknis bagi kita sebagai acuan dalam menjalankan program Kementerian di Kota Padangpanjang. Kami akan mengimplementasikannya sesuai dengan hasil dari Rakernas ini,” jelas Ade usai kegiatan tersebut.

Sebelum itu, Presiden Joko Widodo dalam meresmikan pembukaan Rakernas dari Istana Negara, menekankan agar pembangunan pertanian dilakukan secara lebih serius dan detail. “Pengelolaan yang berkaitan dengan pangan itu, kita harus betul-betul seriusi,” ujarnya.

Dalam kondisi pandemi saat ini, Jokowi menyebut sektor pertanian menempati posisi yang semakin sentral. Karena itu, dirinya menggarisbawahi pentingnya pembangunan pertanian pada komoditi pertanian yang saat ini masih diimpor. Jokowi juga meminta segerakan disain skema pembangunan pertanian untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

“Yang tadi saya sampaikan harus diselesaikan. Urusan bawang putih, gula, jagung, kedelai, dan komoditas lainnya yang masih impor. Tolong ini menjadi catatan dan segera dicarikan desain yang baik agar bisa kita selesaikan,” pungkas Jokowi. yang turut diikuti dan didengar Wakil Walikota, Drs. Asrul secara virtual. (nfo/ka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*