Dispora dan KONI Padang Tabuh Porkota

Padang, Padangtoday.Com-mengasah kemampuan para atlet Kota Padang jelang turun di Porprov 2016, KONI dan Dispora Padang akan menabuh Pekan Olahraga Kota (Porkota) 28 Oktober hingga 2 Desember mendatang. Ajang tersebut  mempertandingkan 28 cabang olahraga.

Advertisements

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Padang Suardi menyebut dalam pelaksanaan nanti pihaknya bekerja sama dengan otoritas olahraga daerah, KONI Kota Padang.

Ia menambahkan untuk penyelenggaraan kegiatan bakal dibiayai oleh APBD Kota. “Kita saat ini tidak mempermasalahkan dimana letak anggaran Porkota ini, yang penting harus dilaksanakan karena sudah merupakan instruksi Walikota Padang,” ujarnya, Kamis (17/9).

Agenda tersebut lanjut Suardi dijadikan momen ujicoba venue olahraga yang nantinya dipakai pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2016.

“Kita akan jadikan Porkota sebagai sarana ujicoba venue Porprov. Sementara untuk anggaran berasal dari APBD  Perubahan dengan jumlah lebih kurang Rp 2 miliar. Untuk langkah lanjut, dalam waktu dekat kami  akan membentuk  struktur pantia pelaksana,” tambah mantan Kabag Humas Pemko Padang itu.

Ia melanjutkan, kepada masing-masing kecamatan tidak diberikan dana segar dalam artian ada posko khusus untuk setiap kontingen. Dispora hanya memberikan bantuan dalam bentuk fisik serta bantuan akomodasi dan konsumsi.

“Berdasarkan pembicaraan dengan KONI Padang, nantinya setiap kecamatan akan diberikan bantuan untuk mempersiapkan kontingen. Karena sudah jadi DPA, maka Dispora tidak bisa memberikan dana tunai. Kami  hanya bisa memberikan bantuan seperti kostum, transportasi dan konsumsi,” beber Suardi.

Dalam pelaksanaannya, segala urusan administarsi dan pengelolaan menjadi tanggungjawab Dispora sementara teknis pelaksanaan menjadi gawe KONI Padang.

Dihubungi terpisah Ketua KONI Padang Agus Suardi mengatakan pihaknya siap mensukseskan helatan Porkota. Hal itu menurutnya menjadi ajang seleksi sekaligus pematangan atlet Kota Padang yang nantinya turun di multi iven dua tahunan di Sumatra Barat.

“Nantinya akan ada pemantauan atlet potensi yang akan mendapatkan pembinaan dimasing-masing cabor yang dipertandingkan. Mereka akan diprioritaskan turun di Porprov mendatang,” sebut Abien, sapaan Agus Suardi. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*