DKP Kota Pariaman Adakan Workshop Pengembangan Usaha dan Penerapan Tekhnologi Pengolahan Hasil Perikanan

wako beri sambutan workshop

wako beri sambutan workshop

Advertisements

Padang-today.com__Dengan mulai diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di tahun 2016 ini, kita harus kompetitif, jangan sampai produk kita kalah dari produk yang berasal dari luar. Karena itu, Workshop ini sangat penting untuk diikuti, karena melalui kegiatan ini, kita dapat memperbaiki dan berinovasi baik kualitas maupun kuantitas produk yang kita hasilkan.
Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam sambutannya pada acara Workshop pengembangan usaha dan penerapan tekhnologi pengolahan hasil perikanan, yang dilaksanakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Pariaman di Aula pertemuan DKP, senin (8/8).
Mukhlis Rahman juga mengatakan banyak usaha yang dapat dilakukan yang berasal dari pengolahan hasil perikanan, dan hal ini dapat menjadi usaha yang baik untuk masyarakat kita yang tinggal di pesisir seperti di Kota Pariaman. Diharapkan DKP dapat betul-betul menjadi fasilitator bagi pengusaha yang mengunakan produk hasil perikanan, sehingga akan lahir pengusaha-pengusaha baru yang dapat menggerakkan ekonomi masyarakat, ungkapnya.
“Diharapkan para pelaku usaha yang mengikuti workshop ini, betul-betul dapat mengembangkan ilmunya yang didapat dari acara ini. Selain menambah pengetahuan tentang pengolahan dan produksi yang akan dibuat, juga dapat berinovasi dalam penyajian produk yang menarik dari hasil pengolahan produk perikanan yang ada di Kota Pariaman ini”, tuturnya.
Lebih lanjut wako Mukhlis Rahaman juga menyinggung tentang konsumsi ikan masyarakat Kota Pariaman yang masih sangat rendah baik di tingkat Provinsi Sumbar apalagi di tingkat nasional, padahal kita berada di pesisir pantai, penghasil ikan yang banyak, namun yang terjadi ikan-ikan kita banyak dijual ke daerah lain, ujarnya.
Dalam sambutan Ketua Panitia Kabid Perikanan Tangkap Azman mengatakan acara ini dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 8-12 Agustus 2016 di Aula pertemuan DKP Kota Pariaman. Peserta workshop ini sebanyak 50 orang yang nantinya akan dibagi sebanyak 10 orang setiap harinya. Narasumber acara ini dari Dinas Koperindag Kota Pariaman dan para pelaku usaha yang telah sukses, jelasnya.
“Dengan adanya workshop ini nantinya akan terlatihnya para pelaku usaha yang berasal dari sector pengolahan hasil perikanan yang mandiri dan berdaya jual, sehingga akan menumbuhkan usaha baru di tengah masyarakat”, tutupnya.
Acara ini dihadiri oleh Kapala DKP Kota Pariaman Dasril, Ketua Forikan Kota Pariaman Ny. Reni Mukhlis, Wakil Ketua Forikan Kota Pariaman Ny. Lucy Genius, Kabid P2 SDKP Kota Pariaman Nofrida dan para peserta pelaku usaha serta jajaran DKP Kota Pariaman. (j/suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*