DPD LPM Payakumbuh Dorong LPM Berbasis Ekonomi

DPD LPM Payakumbuh Dorong LPM Berbasis Ekonomi

DPD LPM Payakumbuh Dorong LPM Berbasis Ekonomi

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Payakumbuh gelar rapat koordinasi, di aula SMKN 1 Payakumbuh, Senin (15/8). Duet ketua dan sekretaris DPD LPM Payakumbuh ini, Ir. Ahmad Zipal dan  Jhon Rauda, punya obsesi,  ingin membawa LPM Payakumbuh terbang tinggi, menjadi lembaga kemasyarakatan yang berbasis ekonomi.

Saat rakor tersebut dibuka Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, seluruh pengurus LPM dari 48 kelurahan dari lima kecamatan di Kota Payakumbuh, bagaikan terbakar semangatnya, untuk membentuk sebuah wadah ekonomi berbentuk koperasi. Selain itu, pengurs LPM kelurahan, bertekad bersinergisitas saling kuat menguatkan dalam perencanaan pembangunan, terutama bagi kelurahan bertetangga.

“Kami akan dorong seluruh pengurus LPM di Payakumbuh, untuk membentuk koperasi. Kemudian, meningkatkan sinergisitas dalam membuat perencanaan pembangunan disetiap kelurahan, dalam rangka efesiensi dan efektifitas,” ucap Ahmad Zipal, anggota DPRD Payakumbuh ini.

Menurut Walikota Riza Falepi, sebut Ahmad Zipal,  penguatan lembaga kemasyarakatan sekaitan  dengan hak inisiatif DPRD dalam mengajukan ranperda lembaga kemasyarakatan, memberi ruang bagi LPM untuk berinisiatif melakukan penguatan kelembagaan.

Di antara yang tepat untuk itu, adalah dengan pembentukan koperasi yang dibina langsung oleh LPM. Sebab, dengan koperasi yang kuat, banyak usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan warga setempat, katanya.

Karena itu,  tegas Ahmad Zipal dan sekretarisnya Jhon Rauda, ia akan mengajak seluruh LPM menjauhi sikap yang menghambat produktifitas, saling menjelekkan,  berantem dan sifat-sifat mengadu domba. Pengurus DPD LPM Payakumbuh, juga ikut lega, karena DPRD Payakumbuh sangat kuat untuk melahirkan Perda tentang penguatan kelembagaan ini, seperti disampaikan Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, saat member sambutan, katanya.

Rakor yang dihadiri Plt. Kepala BPMP-KB Payakumbuh, Dafrul Pasi, Ketua DPRD Payakumbuh YB. Dt. Parmato Alam, Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi dan sejumlah pimpinan SKPDS lainnya itu, juga membahas penguatan dibidang sumber daya manusia, di bidang penggalian potensi dan peran koordinasi serta tata kelola keuangan dan system adimintrasi pemerintahan.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*