DPR Sepakati Naikan Kuota BBM Di Tahun 2015

BBMNAIKJakarta, PADANGTODAY.com – Pemerintah bersama Komisi VII DPR RI menyepakati kuota BBM subsidi untuk 2015 dalam range 46-47 juta kiloliter. Angka ini berada di bawah usulan pemerintah sebelumnya yang mencapai 48 juta kilo liter.

Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo mengakui usulan kuota BBM subsidi 2015 sebesar 48 juta kiloliter lebih besar dari tahun 2014, yang hanya 46 juta kilo liter. Kenaikan kuota diperlukan karena banyaknya tambahan kendaraan di Indonesia.

Tambahan mobil setiap tahunnya disebut mencapai 1,2 juta kendaraan. Sedangkan sepeda motor bertambah 9 juta per tahun. Perhitungan kuota ini belum menghitung kenaikan dan wacana pembatasan.

“Tetapi itu juga dengan perhitungan dengan tidak ada pengurangan konsumsi dengan menaikkan harga. Tidak ada wacana mobil pribadi plat hitam dilarang membeli BBM subsidi,” kata Susilo dalam rapat di Komisi VII DPR, Senayan, Jakarta, Senin (15/9).

Susilo menyebut jika pemerintah Jokowi nanti menaikkan harga BBM subsidi, maka bisa dipastikan kuota akan turun drastis dan tidak akan mencapai 48 juta kilo liter.

“Kami Kalau dikurangi (48 juta kilo liter) engga ada masalah, tapi harus ada kriteria-kriteria kita penuhi. Kita tetapkan wacana kita tetapkan dalam subsidi ini,” tegasnya.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*