DPRD Minta Pembangunan Pasar Padangpanjang Lanjut

Padangpanjang, padang-today– Pembangunan pasar Padangpanjang sudah dimulai pekerjaan fisiknya sejak 18 Juli 2016 lalu. PT Hutama Karya sebagai pelaksana proyek tahun jamak tersebut telah melaksanakan pekerjaan menyusul telah dikeluarkannya Surat Perintah Memulai Pekerjaan (SPMK) pada 14 Juli 2016.

Advertisements

Terkait adanya gugatan dari beberapa pihak terhadap pembangunan tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padangpanjang meminta untuk tidak mengganggu proses pekerjaan apalagi sampai pekerjaan tersebut terhenti.

“Kami meminta pelaksanaan pekerjaan proyek pembangunan pasar ini tetap berjalan, jangan sampai terhenti karena adanya gugatan-gugatan,” kata Ketua DPRD Kota Padangpanjang Asril Kasoema, Jumat (29/7).

Mantan anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat ini mengingatkan, pembangunan pasar Padangpanjang merupakan aspirasi dari masyarakat kota. DPRD sebagai lembaga yang memiliki fungsi penganggaran telah menyetujui alokasi anggaran untuk pembangunannya. Setelah itu, dalam menjalankan fungsi pengawasan, DPRD akan mengawal jalannya proyek yang dibiayai oleh APBD yang telah dianggarkan tersebut.

Dia menegaskan, pasar tersebut adalah aspirasi masyarakat yang memang menjadi kebutuhan mendesak sehingga pelaksanaannya tidak boleh terhenti. Pekerjaannya harus berjalan sesuai jadwal pelaksanaan.

“Jangan sampai karena adanya gugatan lalu pekerjaan menjadi terbengkalai,” ujarnya.

Sebelumnya, sebuah perusahaan investasi PT Kultindo Erashamas menggugat pemko dan DPRD Kota Padangpanjang. Ikut menjadi tergugat adalah kontraktor pelaksana pekerjaan pembangunan pasar, PT Hutama Karya. Asril menegaskan, DPRD akan tetap mengikuti dan berpijak kepada aturan dan ketentuan yang berlaku. Gugatan tersebut telah mulai disidangkan di Pengadilan Negeri Padangpanjang namun sidang gugatan perdana itu batal dilaksanakan.

“DPRD akan tetap berpijak kepada aturan dan menghormati proses hukum. Namun sebelum adanya putusan dari pengadilan, pembangunan jangan sampai terhambat,” tandasnya.

Pasar Padangpanjang akan menghabiskan dana sekitar Rp104 miliar. Pekerjaan pembangunan akan dilaksanakan secara tahun jamak pada tahun anggaran 2016 dan 2017 mendatang. Tahun 2016 ini, alokasi dana pembangunan adalah sebesar Rp70 miliar. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*