DPRD Payakumbuh Apresiasi Havidz, HAB ke-71 Diperingati Kota Payakumbuh

DPRD Payakumbuh Apresiasi Havidz, HAB ke-71 Diperingati Kota Payakumbuh

DPRD Payakumbuh Apresiasi Havidz, HAB ke-71 Diperingati Kota Payakumbuh

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Menyaksikan 1.256 Havidz atau penghafal AlQuran, terlihat wajah Ketua DPRD Kota Payakumbuh H YB Dt Parmato Alam SH meredup. Ia, spontan mengusap kepala para murid sekolah yang havidz AlQuran itu. “Lanjutkan Ananda, pemerintah siap mendukung,” ujar Ketua DPRD.

Para havidz yang dikumpulkan bersama 7.000 orang siswa se-Kota Payakumbuh menjadi peserta Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-71 yang diperingati Selasa (3/1/2017). Selaku Inspektur Upacara Sekretaris Kota H Benni Warlis. Usai membacakan sambutan Menag RI, H Benni Warlis bersama pejabat lainnya meresmikan 1.256 havidz yang telah diseleksi melalui Musabaqah yang dilaksanakan 19-20 Desember 2016 di empat tempat terpisah.

Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama Kementerian Agama Republik Indonesia ke-71 2017 di Kota Payakumbuh berjalan lancar. Sempat menjadi kekhawatiran berhubung sejak malam Kota Payakumbuh diguyur hujan. Upacara bendera dilaksanakan di lapangan hijau Sari Bulan yang terletak di depan Kankemenag Kota Payakumuh menghadirkan sekitar 7.000 siswa yang pakaian seragam madrasah dan berpakaian pramuka. Hadir Ketua DPRD, Kodim 0306, Kapolres, Kadiknas, Ketua MUI, PPKA dan Dharma Wanita.

Pelaksana upacara dibawakan oleh siswa perwakilan setiap madrasah dan telah dilatih oleh anggota TNI Serma Aidal. Sebelum pelaksanaan upacara bendera, para undangan disambut dan dijamu langsung di ruang kerja kepala kankemenag Kota Payakumbuh.

Sekaligus diserahkan sertifikat dan piagam kepada para havidz. Forkopimda sangat mengapresiasi melihat para hafidz AlQuran. Payakumbuh segera akan dicanangkan sebagai Kota Havidz. Guru Pendidikan Agama Islam sekolah umum juga dirangkai dengan penyerahan piagam penghargaan terhadap 10 kepala sekolah yang peduli terhadap Pendidikan Agama Islam pada sekolah umum dan penyerahan Satya Lencana terhadap 12 ASN kankemenag. Penyerahan hadiah Juara 3 Lomba KUA Teladan tingkat Sumatera Barat dan penyerahan hadiah terhadap pemenang lomba yang diselenggarakan panitia HAB.

Pensiun

Setelah pelaksanaan rangkaian upacara, Kepala Kankemenag mengumpulkan 4 ASN yang pensiunan pada tahun 2016 di ruang kerjanya. ASN yang memasuki masa purna bakti Drs H Saiful Bahri, Drs Hadizamli, Yulia Hartati SAg dan Hafni SPdI, serta penyerahan SK ASN yang persiunan anumerta sebanyak 4 orang yang diterima ahliwaris.

Kepada para pensiunan, Kakankemenag Payakumbuh Asra Faber mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya selama ini. “Teruslah berkarya dengan selalu mendakwahkan amar makruf nahi munkar,” ujar Asra Faber.

Drs Hadizamli mewakili para pensiunan juga menyampaikan terima kasih dan maaf yang sebesarnya. Selama 24 tahun bergaul, pastinya ada rasa yang kurang berkenan.

“Atas nama pensiunan kami mohon dimaafkan,” ujar Hadizamli.

Selanjutnya para panitia melakukan penyusunan kembali semua inventaris yang dipakai dalam upacara bendera.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*