Dua Bangunan Rumah Disegel TPB Payakumbuh

Penyegelan sebuah rumah tanpa IMB di Kelurahan Padang Kerambil, oleh petugas TPB, disaksikan Kapolsek AKP Russyirwan,Kamis.

Penyegelan sebuah rumah tanpa IMB di Kelurahan Padang Kerambil, oleh petugas TPB, disaksikan Kapolsek AKP Russyirwan,Kamis.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Dipimpin langsung Kepala Dinas Tata Ruang dan Kebersihan (DTRK)  Elvi Jaya, ST,  Tim Penertiban Bangunan (TPB) Payakumbuh, menyegel dua bangunan rumah yang tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) di dua kelurahan berbeda, Kamis (22/10).  Pemilik rumah diminta untuk menghentikan aktifitas pembangunan rumah dimaksud, hingga yang bersangkutan mengurus advis planing dan IMB-nya, sesuai dengan Perda No.16 Tahun 2011, tentang bangunan.

Kedua bangunan rumah parmanen yang disegel itu, pertama milik AA, warga Kelurahan Padang Karambia di Kecamatan Payakumbuh Selatan. Kemudian bangunan milik SL di Kelurahan Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur. Pemilik kedua bangunan itu, sejak Agustus 2015 sudah diperingati TPB untuk mengurus IMB. Namun, setelah ditunggu sampai pertengahan Oktober, keduanya masih membangkang dengan teguran dimaksud.

“Kita tak ingin mencederai hati masyarakat yang tengah melakukan aktifitas pembangunan rumah milik pribadinya. Tapi, karena sudah  diberi teguran atau SP-4, dan dalam 7 x 24 jam masih juga tak mengurus advis plaing dan IMB,  dengan berat hati  penyelesaiannya harus melalui penyegelan,” tegas Elvi Jaya.

Sepanjang Agustus hingga September 2015, TPB melibatkan anggota Polri, Satpol PP dan Bagian Hukum Setdako itu, menemukan 24 bangunan yang tak memiliki IMB. Tapi, dalam perjalanan dua bulan itu, pemilik 22 dari 24  bangunan itu menyikapi positif teguran TPB, dengan mengurus IMB ke DTRK melalui BPM-PTSP Payakumbuh.

Penyegelan kedua bangunan itu juga diikuti  Kapolsek AKP Russyirwan, Kabid Pengendalian dan Pengawasan Suhatril, Camat Payakumbuh Payakumbuh Selatan, Camat Payakumbuh Timur,  Kasi Penertiban Bangunan Usrizal Nasir serta anggota Koramil 01 dan  Satpol PP Payakumbuh. Kedua pemilik bangunan, setelah penyegelan, berjanji akan mengurus IMB-nya.(rel/dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*