Dua Dekade Vakum, Piala Walikota Kembali Ditabuh Enama Tim Ambil Bagian

Logo piala Walikota Padang.

Logo piala Walikota Padang.

Padang, PADANGTODAY.com-Setelah sempat 20 tahun vakum , turnamen sepakbola paling bersejarah di Sumatera Barat, Piala Walikota Padang kembali digelar, Minnggu (28/12).

Tidak tanggung-tanggung lima tim besar Indonesis dan Malaysia ambil bagian pada gelaran tahun ini. Selain tuan rumah PSP Padang. turnamen yang ditabuh di Stadion H. Agus Salim Padang dari tanggal 4-8 Januari 2015, yang diikuti Semen Padang FC, Persiba Balikpapan, Persib Bandung selaku juara ISL 2014 dan dua tim kuat Malaysia PS Sarawak dan Selangor FC.

Mengingat dengan sejarah, gelaran Piala Walikota Padang pertama kalinya digelar pada tahun 1981. Saat itu diikuti oleh tim-tim perserikatan dan galatama. Awalnya penyelenggaraan menggelar turnamen tersebut dalam rangka perpisahan sekaligus menandai akhir tugas Walikota Padang, Hasan Basri Durin yang pada saat itu diberi nama Hasan Basri Durin CUP pada tahun 1981.

Sementara pada tahun berikutnya, Walikota Padang, Syahrul Ujud melanjutkan dengan tajuk Piala Walikota Padang yang berlangsung sampai tahun 1992. Saat itu PS Semen Padang berhasil meraih kemenangan tiga tahun secara berturut-turut.

Sayangnya pada tahun 1993, Walikota saat itu, Zuiyen Rais tidak lagi menggelar turnamen dan begitu seterusnya hingga kepemimpinan Fauzi Bahar.

Dan Sekarang setelah lebih dari dua dekade “koma” Walikoat Padang, Mahyeldi Ansharullah berkeinginan ajang tersebut kembali digelar dan bakal menjadi kalender tetap Pemko Padang setiap tahunnya.

“Pemko Padang berkeinginan kuat untuk membangkitkan kembali persepakbolaan di Kota Padang, salahsatunya menggulirkan kembali Piala Walikota Padang yang sudah 20 tahun absen digelar,” terang Mahyeldi dalam sesi keterangan pers yang berlangsung di palanta balaikota.

“Ada kerinduan masyarakat sepakbola Sumatera Barat menyaksikan kembali kejuaraan ini. Hal itu menjadi motivasi Pemko Padang untuk menggelar kejuaraan ini,” tambah Wako Padang.(dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*