Dua Mahasiswa UNP Juara Nasional Lomba Esai

PADANG, PADANG-TODAY.COM

Langkah Universitas Negeri Padang (UNP) makin terang menuju gerbang world class university. Dalam sebulan belakangan ini, UNP telah menjalin kerjasama antar lembaga dengan beberapa kementerian.

“Kita harus bekerja-keras membawa UNP menjadi universitas terkemuka sehingga lulusannya benar-benar terpakai dalam kehidupan sosial dan memberi kontribusi pikiran dan perbuatan bermanfaat dalam membangun negeri,” kata Rektor UNP Prof DR Ganefri di dampingi Wakil Rektor III Bidang kemahasaiswaan Prof DR Syahrial Bakhtiar Selasa ( 4/10) siang di kantornya menanggapi sukses dua mahasiswa UNP merebut Juara Nasional dalam Lomba Esai Ganesa (Gebrakan Aksi Nalar) V yang diselenggarakan Universitas Brawijaya pada 22-27 September lalu di Malang.
Kepada dua mahasiswa UNP tersebut Ganefri memberi apresiasi plus. “Mahasiswa UNP haruslah menjadi mahasiswa yang yang aktif dan kreatif serta juga ikut melibatkan diri di tengah kehidupan sosial masyarakat. Jangan hanya pintar di bidang akademis saja tapi tumpu di kecerdasan sosial. Daya nalar, daya kritis haruslah tajam dan sampaikan dengan ilmiah dalam bahasa yang santun. Mahasiswa UNP adalah mahasiswa yang senantiasa berkaca pada Alam Takambang jadi Guru. Dengan berhasilnya dua mahasiswa kita merebut Lomba Esai nasional itu menunjukkan bahwa mahasiswa UNP mampu bersaing pikiran di kancah nasional. Dan mampu melihat persoalan dengan penuh ilmiah dan dengan cakap pula menyampaikannya dalam bahasa tulisan,” ujar ganefri menanggapi sukses mahasiswanya tersebut.

Dikatakan Ganefri, kepenulisan esai adalah sebuah keterampilan. Tak saja keterampilan berpikir, tapi juga keterampilan menulis. “Kita sangat mendukung aktivitas mahasiswa dalam ruang sastra ilmiah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa (PPIPM) UNP Evan Saputra yang mahasiswa teknik Sipil di universitas tersebut mengatakan terimakasih banyak kepada pihak rektorat yang selalu tiada pernah berhenti mendukung kegiatan mahasiswa dalam bidang penalaran dan penelitian mahasiswa.

“Kami sangat bahagia ketika Pak rektor sangat antusias mendukung gerakan penelitian mahasiswa. Mudah-mudahan, ke depan kita dapat bersaing di tingkat international dalam lomba yang sama. Sekarang, kita sedang melakukan penelitian minat mahasiswa di bidang Ilmiah,” ujar Evan seraya menyebutkan bahwa di PPIPM terdaftar sebanyak 700 mahasiswa yang aktif dalam kegiatan penalaran dan penelitian. (*)

.

[RIJAL ISLAMY / HUMAS]

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*