Dua Nagari di Sumbar Siap Menuju Kawasan Ekonomi Syariah dan Wisata Halal

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Dua nagari di Limapuluh Kota, Sumatera Barat, masing-masing Situjuah Batua dan Situjuah Tungka, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, menggagas kerjasama dalam bidang ekonomi syariah dan wisata halal.

Kesepakatan ini, lahir dalam Musyawarah Anak Nagari bersama Tim Percepatan Pengembangan Kawasan Ekonomi Syariah dan Wisata Halal Sumatera Barat, Selasa (17/9/2019).

Walinagari Situjuah Batua DV Dt Tan Marajo dan Walinagari Tungka Yusrizal Dt Pado menyebut, lompatan menuju kawasan ekonomi syariah dan wisata halal, merupakan wujud dari Adat Basandi Syara’ dan Syara’ Basandi Kitabullah.

“Pemnag Situjuah Batua, sudah ada beberapa Peraturan Nagari terkait semangat ekonomi syariah. Kita ada bank sampah, ada program bersih nagari, ada hari absyar, gerakan maghrib mengaji dan banyak lain,” katanya.

Situjuah Tungka, juga demikian. Walinagari Yusrizal Dt Pado menyebut, sesuai visi misinya dalam penguatan adat dan agama, ada banyak program yang sudah lahir. “Kita tinggal integrasikan dengan konsep ekonomi kerakyatan syariah dan wisata halal,” sebutnya.

Hadir dalam acara tersebut, ratusan tokoh adat, ulama, bundo kanduang, masyarakat pelaku usaha, petani, peternak dan pimpinan lembaga nagari serta jajaran Kantor Camat Situjuah Limo Nagari.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Kawasan Ekonomi Syariah dan Wisata Halal Sumbar, Muhammad Bayu Vesky dan Wakil Ketua Wahyudi Thamrin mengatakan, program ini mendapat dukungan baik dari Wapres terpilih Kyai Haji Maaruf Amin.

“Kita mendorong Nagari yang memiliki potensi wisata, memiliki potensi pertanian, agro, untuk mengakselerasikan dan mengintegrasikan semangat ekonomi syariah dan wisata halal,” kata Muhammad Bayu Vesky didampingi Sekretaris Syahrul Isman, yang juga Ketua NU Limapuluh Kota.

Kandidat Doktor Ekonomi Syariah, Novia Nengsih yang juga Bendahara Tim Percepatan Pengembangan Kawasan Ekonomi Syariah dan Wisata Halal Sumbar menyebut, pihaknya akan menyiapkan beberapa konsep untuk mewujudkan program ini.

Ketua KAN Nagari Tungkar dan Pucuak Adat Situjuah Batua bersama kalangan niniak mamak, siap melahirkan program bersama dua nagari dalam mewujudkan semangat ekonomi syariah.

Meliputi, adanya perbankan nagari syariah, simpan-pinjam syariah, pegang-gadai syariah, rumah penghafal alquran serta pengembangan potensi wisata halal.

Termasuk, pengelolaan ratusan hektare lahan milik ulayat, milik nagari dan kaum, untuk semangat ekonomi syariah.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas