Dua Pebalap Papan Atas MotoGP

Fabio Quartararo

Fabio Quartararo

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Dua pebalap papan atas MotoGP, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez mengaku kagum pada performa debutan sensasional Estrella Galicia 0.0 Moto3, Fabio Quartararo yang sukses meraih pole dan finis keempat di Jerez, Spanyol pada hari Minggu (3/5).

Quartararo memasuki ajang Grand Prix tahun ini dalam usia 15 tahun, yakni di bawah batas usia minimum 16 tahun. Dispensasi ini diberikan MotoGP setelah ia sukses memenangkan dua gelar Kejuaraan Nasional Spanyol (CEV) Moto3 2013-2014. Ia baru berulang tahun yang ke-16 pada 20 April lalu.

Lorenzo sendiri meraih podium sekaligus kemenangan perdananya di GP125 Brasil 2003 dalam usia 16 tahun 139 hari. Kala itu ia membela Derbi dan sukses mengalahkan Casey Stoner. Por Fuera pun yakin Quartararo bisa menang sebelum mencapai usia tersebut.

“Pada tahun 2002, rata-rata saya hanya finis di posisi 20. Saya harus menunggu hingga GP Brasil 2003 untuk podium dan menang. Fabio baru 16 tahun, jadi ia bisa mencapai catatan saya. Ia sangat impresif, baik talenta maupun kemauannya,” ujarnya

Marquez yang bernaung di bawah manajemen yang sama dengan Quartararo senang melihat perkembangan pebalap asal Prancis itu. “Kami bicara soal kemungkinannya untuk pole dan menang. Sejak ia turun di CEV, saya selalu melihat perkembangan Fabio dari dekat. Saya tahu pilihan apa saja yang ia punya,” tutupnya.
(sw/kny/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*