Dugaan Penyerobotan Lahan di Laporkan Ke Polda

Padang-today.com – Sejumlah warga melaporkan ke Polda Sumbar terkait dugaan penyerobotan sekitar satu hektare lahan di Kurao Pagang, Nanggalo, Padang.

Advertisements

Dugaan penyerobotan lahan dilaporkan Syaiful Desfri cs dengan nomor LP/335/IX/2018 SPKT Sbr tertanggal 9 September 2018. Dalam laporan itu sebanyak 15 pemegang sertifikat tanah didampingi kuasa hukumnya, Azwar Siri cs dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sidik Jari.

Penyidik Direktorat Reserse Umum (Reskrimum) Polda Sumbar pada Senen (17/9) telah meminta keterangan sejumlah saksi terkait kasus dugaan penyerobotan lahan di Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo.

“Kami tentu berharap pihak Polda segera menindaklanjuti laporan warga ini,” ujar Azwar Siri kuasa hukum pelapor.

Pihaknya khawatir, jika persoalan itu akan semakin besar karena lahan itu saat ini tengah disiapkan oleh terlapor Zainuddin untuk dibangun komplek perumahan.

“Selain klien kami, tentu mereka yang akan menempati perumahan itu bakal jadi persoalan juga, karena lahannya bermasalah,” lanjutnya.

Pihaknya sudah melakukan pengecekan ke Badan Pertanahan Negara Kota Padang (BPN) dan dipastikan kliennya sebagai pemilik sah atas lahan itu, dibuktikan dengan sertifikat yang dipegang saat ini.

“Perkara ini jelas dasarnya, kami tentu berharap ini segera diproses oleh polisi,” ulas Azwar

Pelapor Syaiful Defri dan Zulkifli mengatakan, mereka sebagai pemilik atas lahan itu dengan didapatkan melalui pembelian secara sah kepada pemilik tanah.
“Kami jelas sebagai pemilik lahan itu masih memiliki sertifikat tanah,” ujarnya.

Namun belakangan lahan itu diklaim sebagai milik Zainuddin yang mengaku sebagai mamak kepala waris di daerah itu.

“Bahkan terlapor (Zainuddin,red) telah menggandeng salah satu developer yang juga dilaporkan dalam kasus ini untuk dilakukan pembangunan perumahan di lahan kami miliki,”ungkapanya.

Sementara Zainuddin selaku pihak terlapor yang dihubungi mengaku tak mempermalahkan dilaporkannya ia ke pihak kepolisian.

“Silahkan saja. Akan jelas siapa pemilik lahan itu. Saya siap sampai ke pengadilan,” ujarnya. (dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*