Duta GenRe Tingkat Kota Padang Panjang Akhirnya Didapatkan

Padang Panjang, Padang-Today.com – Setelah melewati berbagai proses kegiatan akhirnya Duta GenRe Pelajar dan Mahasiswa Tingkat Kota Padang Panjang berhasil ditentukan, Jum’at (23/2) malam kemarin dalam ajang “Grand Final Pemilihan Duta GenRe Pelajar dan Mahasiswa”.Acara yang dimeriahkan di Gedung Hoeridjah Adam Institut Seni Indonesia (ISI) tersebut turut dihadiri oleh Pjs. Walikota Padang Panjang Irwan, S.Sos, MM, Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Barat Syafruddin, SH, M.Si, Forkopimda, Plt. Sekdako Padang Panjang Indra Gusnady, SE, M.Si dan Kepala OPD se-Kota Padang Panjang, Rektor ISI Padang Panjang, Pembina PIK R Kota Padang Panjang, serta Duta GenRe Tahun 2017.

Advertisements

Dari 40 Duta GenRe yang masuk nominasi, 20 laki-laki dan 20 perempuan tersebut di seleksi malam ini, sehingga mendapatkan Duta GenRe yang akan melanjutkan perjuanagannya ke Tingkat Provinsi.

Irwan mengatakan, remaja atau generasi muda merupakan aset daerah yang harus senantiasa dijaga dan dikelola secara baik dan serius, baik oleh Pemerintah, lingkungan keluarga maupun pihak terkait.

Jika dilihat pada saat sekarang ini banyak generasi muda yang salah jalur, dalam artian remaja sekarang sudah ada yang terlibat dalam tawuran, narkoba, Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT).

“Ini akan memicu terhadap kerusakan remaja sekarang, salah satu upaya yang kita lakukan untuk menanggulangi permasalah tersebut dengan adanya remaja GenRe, melalui program inilah nanti kita bisa memberikan dampak yang baik terhadap remaja-remaja sekarang,” jelas Irwan.

Irwan berharap program Duta GenRe ini berlanjut tiap tahunnya, dan juga semoga ditahun ini Kota Padang Panjang dapat meraih kembali Juara, tidak hanya di tingkat Kota tetapi di tingkat Nasional nantinya, tutup Irwan.

Sementara itu, Syafruddin, SH, M.Si mengutarakan pada tahun 2020-2035 usia remaja akan menjadi peranan penting, dimana pada saat itu usia remaja akan mencapai jumlah tertinggi.

“Maka ditahun disebut dengan bonus demografi, dimana Usia remaja produktif lebih besar daripada usia non produktif,” kata Syafruddin.

Upaya untuk menyiapkan generasi muda untuk mampu mengisi bonus demografi dengan cara mengembangkan kualitas remaja, melalui BKKBN yang selalu berpartisipasi aktif dalam pembinaan remaja dengan Program GenRe.

Program GenRe merupakan program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja sehingga mampu melangsungkan jenjang pendidikan, berkarir dalam pekerjaan, serta menikah sesuai perencaaan.

Syafruddin menyebutkan yang menjadi sasaran GenRe adalah remaja yang berusia 10-24 tahun yang belum menikah. Salah satu pendekataan yang dilakukan dalam program GenRe ialah melalui wadah pusat informasi dan konseling remaja atau mahasiswa (PIK RM).

“Program ini dikelola dari oleh dan untuk remaja, mahasiswa, serta masyarakat dalam rangka menyiapkan kehidupan berkeluaraga,” tambahnya.

Lain lagi dengan Kepala Dinas Sosial PPKBPPPA Martoni, S.Sos, MM menyampaikan pemilihan Duta GenRe merupakan event yang melahirkan Duta GenRe setiap tahunnya. Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda, karena mengajarkan remaja untuk menjauhi narkoba, seks pranikah serta pernikahan usia dini.

“Tentu kita ingin pemilihan Duta GenRe ini memberikan citra positif terhadap program GenRe, sehingga menciptakan figure yang berintegritas, beretos kerja, serta bisa menjadi teladan untuk kalangan remaja baik dilingkungan sekolah, perguruan tinggi maupun masyarakat,” tutur Martoni.

Tujuan dari Program GenRe adalah untuk membentuk mahasiswa dan remaja dalam mempersiapkan dan merencanakan masa depannya melalui program GenRe.

Dalam ajang tersebut keluar sebagai Duta GenRe Mahasiswa Joni Satria (FKIP UMSB) dengan Fegi (Kelurahan Bukit Surungan), untuk Runner Up 1 dipegang oleh Anugrah Harryendes M (ISI) dengan Sthefany Yulanda D (ISI), serta Runner Up 2 diraih Andes Marta Yunanda (AKPER NABILA) dengan Yusnita Risa (FKIP UMSB),

Sedangkan yang keluar menjadi Duta GenRe Remaja M. Fauzan (SMAN 2 Padang Panjang) dengan Dina Asyifa (SMAN 1 Padang Panjang), untuk Runner Up 1 di ambil oleh Helyuza Ridwan (SMAN 2 Padang Panjang) dengan Nurul Khairani (MAN 1 Padang Panjang), dan Runner Up 2 di pegang Dava Zul Abdi (MA KMM Kauman Padang Panjang) dengan Sofie Putri Rendira (MAN 1 Padang Panjang).

Untuk Duta GenRe Favorit Mahasiswa di sandang oleh M.Fauzul (ISI) dengan Mukhtia Rezfa (ISI) dan Duta GenRe Favorit Remaja di raih M. Hanif Amrisha (SMAN 2 Padang Panjang) dengan Denisa Alzahra (SMAN 2 Padang Panjang).

Terlihat wajah haru dan bahagia dari semua pemenang saat pemasangan selempang serta pemberian piala tak dapat diungkap lagi dengan kata-kata, “Sekali menjabat seumur hidup menginspirasi” itu lah kata-kata yang akan dipikul oleh para Duta GenRe nantinya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*