Efek Gunakan Tata Rias Kadaluarsa

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Advertisements

PADANGTODAY.COM-Mungkin Anda tidak menyadari bahwa produk-produk tata rias yang Anda gunakan pun memiliki tanggal kedaluwarsa. Tata rias yang telah kedaluwarsa tidak hanya kurang bekerja secara efisien, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan kulit.

“Konsistensi produk akan berubah karena waktu. Produk akan mengering dan tidak akan teraplikasi secara baik di kulit. Kondisi ini berlaku pada semua jenis produk tata rias, mulai dari maskara, lipstik, hingga alas bedak,” ujar Hadley King MD, dermatolog di SKINNEY Medspa, New York, Amerika Serikat.

Tidak hanya itu, efisiensi bahan aktif pun akan memudar seiring waktu. Misalnya, setelah alas bedak yang dilengkapi sun protection factor (SPF) kedaluwarsa, maka perlindungan terhadap sinar matahari tidak akan sekuat ketika belum memasuki masa kedaluwarsa. Hal serupa juga terjadi pada produk dengan bahan aktif asam salisilat untuk mencegah jerawat atau retinol untuk mencegah timbulnya garis halus.

Semua molekul pada produk tata rias, kata King, dapat terurai dan akan menimbulkan reaksi ketika berinteraksi dengan kulit. Jika Anda mengalami iritasi sebagai akibat dari respons terhadap berurainya molekul pada produk tata rias, maka kulit akan dapat mengalami luka, memerah, jerawat, melepuh, hingga bengkak karena infeksi.

Produk tata rias yang telah kedaluwarsa juga bisa menyebabkan bakteri bersarang pada kulit. Iritasi dan noda kemerahan seperti jerawat akan muncul pada kulit yang berinteraksi dengan produk yang telah kedaluwarsa. Ketika berinteraksi dengan mata, maka bakteri dapat menyebabkan infeksi dan mata memerah.

“Lipstik yang sudah kedaluwarsa menyebabkan pembengkakan. Secara umum, gantilah maskara Anda setiap tiga bulan sekali, eyeliner dan eye shadow setiap enam bulan hingga setahun sekali, sementara lipstik setiap 1,5 tahun sekali. Sementara itu, rata-rata masa kedaluwarsa untuk alas bedak, bedak, dan produk tata rias wajah lainnya adalah setahun,” kata King.

(womens health mag/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*